Waspadai 4 Ciri-ciri Penipuan Berbasis Pinjaman KTA Berikut Ini!

By | May 29, 2019

Semakin kesini jika dilihat popularitas dari produk pinjaman perbankan memang semakin tinggi. Mengingat kebutuhan masyarakat akan produk keuangan ini sendiri juga tergolong begitu besar. Dengan alasan untuk mencukupi kebutuhan hidup yang kian lama kian tinggi, sampai dengan dipakai untuk menunjang biaya-biaya yang lainnya. Anda bisa mempertimbangkan produk pinjaman KTA yang termasuk salah satu pinjaman populer saat ini.

 Faktanya KTA atau yang dikenal sebagai kredit tanpa agunan ini memang memberikan banyak sekali nilai lebih atau keuntungan pada masyarakat, mulai diantaranya jika melihat dari segi nilai pinjaman atau plafonnya yang tinggi, ditawarkan hingga nilai ratusan juta rupiah. Hingga yang paling menggiurkan adalah tidak mengharuskan debiturnya untuk menyertakan adanya barang jaminan dalam bentuk apapun, inilah yang paling dicari oleh masyarakat saat ini sebagai salah satu bentuk keamanannya.

 Namun patut untuk diwaspadai juga, karena tidak semua pinjaman KTA  ini dijamin aman, banyak sekali modus-modus penipuannya, berikut ini ciri-cirinya yang harus diwaspadai, yaitu:

 SMA berantai, biasanya mereka memberikan tawaran yang sangat menggoda, dengan syarat mengajukan pinjaman yang begitu mudah dan plafon pinjaman yang tinggi. Namun ujung-ujungnya pelaku tersebut akan meminta uang sebagai biaya administrasi awal sehingga pengajuan pinjaman bisa secara langsung diproses. Setelah uang ditransfer tentunya tidak akan ada kabar apapun.

  1. Tawaran lewat sambungan telepon, selain melalui SMS berantai, maka sering kali pihak penipu juga menghubungi nomor secara langsung. Apalagi jika dilihat sekarang ini nomor ponsel sudah bukan jadi hal yang rahasia lagi, sudah diperjualbelikan dengan bebas. Sering kali mereka mengatakan bahwa Anda adalah nasabah prioritas sehingga kemungkinan pengajuan diterima sangatlah tinggi ada free approve dan lain-lainnya. namun ujung-ujungnya meminta identitas dan nomor kartu kredit kemudian disalahgunakan.
  2. Surat elektronik, sering kali tawaran semacam ini juga hadir di email Anda, email scam yang mengatasnamakan pihak bank tersebut. Berbagai tawaran menggoda diberikan, namun pada akhirnya pihak penipu tersebut akan meminta kartu ATM, SIM, kartu kredit dan sebagainya sebagai syarat.
  3. Iklan lewat blog-blog yang tidak jelas, saat sedang berselancar di dunia maya dan membuka sebuah blog sering kali muncul iklan dengan penawaran pinjaman menarik, seperti memberikan pinjaman dengan nilai yang besar, bunga rendah dan prosesnya mudah. Namun ujung-ujungnya pihak tersebut nantinya akan meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi sebelum uang pinjaman dikirimkan, selanjutnya mereka akan menghilang.

 Mulai sekarang berhati-hatilah, lakukan pengajuan pinjaman KTA sesuai dengan prosedur yang ada dan percayakan pada lembaga yang memang sudah terjamin kredibilitasnya. Mulai dari bank-bank besar atau bahkan sekarang juga ada pinjaman online berbasis KTA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.