Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak

By | October 30, 2021

ASI memang sangat disarankan diberikan kepada anak hingga mencapai usia 2 tahun. Niat setiap ibu pun ingin memberikan ASI hingga 2 tahun, tapi dalam beberapa kasus   ada juga ibu yang mengalami penurunan produksi ASI ketika anak mereka berusia 1 tahun. Sedangkan, saat anak usia diatas 1 tahun, anak sedang aktif-aktifnya bergerak dan tentu saja membutuhkan nutrisi yang mampu mendukung perkembangan fisiknya serta menjaganya agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Susu formula pun menjadi salah satu makanan pelengkap yang diperkaya dengan asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak. Namun, harus tetap menjadikan makanan padat sebagai sumber nutrisi utamanya, dan juga bunda perlu konsultasikan susu formula yang tepat dengan ahli gizi. Sebagai pertimbangan, ini rekomendasi susu formula terbaik untuk anak usia 1-3 tahun yang meningkatkan daya tahan tubuh anak  dan membuat tumbuh kembangnya optimal.

Itu sebabnya, Si Kecil memerlukan asupan makanan dan minuman yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah, pilihan penambah nutrisi anak terbaik yang bisa bunda berikan antara lain adalah susu formula seperti susu pediasure untuk anak 1 tahun.

Kapankah Si Kecil Membutuhkan Konsumsi Susu Formula?

Umumnya, anak akan memperoleh ASI selama enam bulan pertama setelah kelahirannya, lalu diikuti dengan mengonsumsi Makanan Pendamping ASI(MPASI).

Walaupun demikian, ada juga anak-anak yang sudah diberikan susu formula sebelum ia berusia 6 bulan.

Banyak alasan lain kenapa Si Kecil butuh minum susu formula. Misalnya, Bunda tidak dapat memproduksi ASI dengan cukup atau kondisi Bunda tidak memungkinkan untuk menyusui.

Sebenarnya, pemberian susu formula boleh dilakukan ketika Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan.

“Kalau bayinya sehat, 6 bulan harus ASI eksklusif dan kalau bisa dilanjutkan sampai 2 tahun. Di atas usia 6 bulan sebenarnya boleh diberikan susu formula  sebagai bentuk susu tambahan selain ASI,” ujar dr. Devia.

Namun, beda anak, beda juga kebutuhannya. Hal ini tidak bisa disamaratakan. Pilihannya jelas, harus melihat kondisi Si Kecil dan ibunya juga.

Susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun tersebut harus mengandung mikronutrien seperti zat besi. Jika kekurangan zat besi, nantinya anak bisa rentan mengalami anemia.

Nah, susu formula umumnya berbahan dasar susu sapi. Sayangnya, beberapa anak tidak bisa mengonsumsi susu formula jenis ini karena alergi.

Kondisi Si Kecil yang mengalami intoleransi laktosa dan kesulitan mencerna galaktosa juga membuat ia tidak bisa minum susu formula sapi.

Jika Si Kecil tidak memiliki masalah dengan susu formula sapi, silakan memberikannya kepada mereka. Susu formula dari sapi memang pilihan produk susu paling umum diberikan kepada anak pada usia 1-3 tahun.

Leave a Reply