Perananan SEO Bagi Sektor Bisnis UKM

By | March 5, 2020

Sebagai seorang yang besar di era digital seperti sekarang ini dan sekaligus menjadi praktisi SEO, saya merasa jika SEO memainkan peran vital dalam perkembangan bisnis UKM. Salah satunya mampu mendatangkan trafik potensial yang datang dari mesin pencari. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Search Engine dalam pemasaran bisnis.

Namun sayang, kurangnya pemahaman terhadap digital marketing, membuat banyak pebisnis UKM melupakan pentingnya SEO. Bahkan beberapa dari mereka menganggap jika alokasi dana untuk SEO merupakan pengeluaran yang tidak dibutuhkan. 

Alhasil, mereka pun tertinggal jauh oleh para pengusaha UKM yang sudah berani beradaptasi dengan dunia digital marketing, dengan cara memaksimalkan penggunaan SEO. 

Nah bagi pebisnis UKM yang masih menganggap pengeluaran untuk SEO merupakan pengeluaran yang tak perlu, sebaiknya mulai geser cara pandang tersebut. Berikut merupakan beberapa peran penting SEO bagi kelangsungan hidup bisnis UKM.

  • SEO Membantu Meningkatkan Penjualan

Saat ini, hampir semua orang sudah terhubung dengan Internet, baik lewat smartphone, komputer, dan perangkat lainnya. Menurut Statista, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 mencapai angka 95,2 juta, Angka ini mengalami peningkatan 13,3% dari tahun 2017 yang mencapai 84 juta pengguna. 

Menariknya, tidak hanya untuk mengakses hiburan, informasi dan berkomunikasi, pengguna internet di Indonesia kerap menggunakan search engine untuk mencari referensi produk yang dibutuhkan, termasuk mencari testimoni untuk memastikan brand tersebut benar-benar kredibel. 

Jelas ini peluang besar. Dengan SEO service web profesional  yang tepat, digital aset yang Anda bangun akan berada di posisi puncak mesin pencari, minimalnya masih berada di page pertama. Kondisi ini secara alami akan meningkatkan jumlah traffic organic pada website yang Anda kelola. 

Imbasnya? Dengan jumlah traffic organic yang tinggi, otomatis akan meningkatkan peluang penjualan produk/jasa yang Anda tawarkan. 

  • Menghemat Waktu dan Uang

Berapa banyak waktu dan uang yang harus Anda ‘buang’ untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen? Lewat iklan di sosial media, atau di media mainstream misalnya. Selain itu, Anda pun harus memikirkan bagaimana kemasan promosi agar berhasil menarik banyak konsumen. 

Ini belum termasuk saat Anda punya program promosi baru yang ingin ditawarkan. Tentu saja konsep dan keunggulan yang ditawarkan, harus kembali di-broadcast pada calon konsumen. Ini sangat melelahkan karena memakan banyak waktu dan biaya. 

Dengan menguasai SEO, semua ini tidak perlu lagi Anda lakukan. Dengan trafik tinggi, Anda hanya perlu membuat konten promosi yang dipublish di halaman website, baik berupa tulisan, image banner, video atau konten lainnya. Setelah itu, biarkan konsumen yang datang melihatnya sendiri. 

Dengan cara seperti ini, Anda sudah menghemat banyak waktu dan uang. Yang paling penting, jasa SEO untuk mengoptimalkan website di mesin pencari yang baik akan membuat traffic organic menuju website Anda konsisten, bahkan mengalami peningkatan setiap harinya.

  • Brand Yang Lebih Kredibel

Search engine akan menampilkan semua informasi yang ada dalam website Anda, termasuk saat melakukan update konten baru. Semakin banyak halaman yang di-index mesin pencari, makin sering pula website Anda muncul saat kata kunci terkait website tersebut ditulis pengguna internet. 

Makin lama dan sering konsumen mengunjungi website Anda, tentu mereka akan lebih mudah mengingat produk/jasa yang Anda tawarkan. Dalam posisi ini, secara perlahan brand Anda akan semakin dikenal, dan kredibilitasnya tidak diragukan lagi. 

Apalagi jika banyak ulasan positif terkait produk/jasa yang Anda tawarkan, sudah tentu calon konsumen tidak akan ragu lagi dengan brand yang Anda kembangkan. 

  • Kompetitor Juga Gunakan SEO

Persaingan di dunia UKM semakin ketat. Tahukah Anda jika website e-commerce, atau website lainnya terkait bisnis online, sudah punya tim SEO sendiri untuk memaksimalkan jaringan pemasaran produk/jasa mereka. Website sekelas Tokopedia, Shoppee, dan lainnya, pasti punya tim SEO!

Makanya, saat Anda berani menilai jasa SEO untuk mengoptimalkan website di mesin pencari  tidak berpengaruh pada bisnis UKM, maka siap-siap saja Anda akan tersingkir dari persaingan dan kembali hanya jadi penonton keberhasilan orang lain. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan disingkirkan oleh brand yang baru ‘menetas’. 

  • SEO Akan Terus Digunakan

Suka atau tidak, faktanya SEO merupakan kanal bisnis digital marketing tertua dan paling stabil hingga saat ini. Search engine tidak pernah ditinggalkan, justru di era digital ini makin berkembang dan semakin dibutuhkan bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya. 

Contohnya saja Google, hampir semua pengguna internet akan menggunakan Google sebagai panduan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. 

Meskipun pemilik search engine terbesar di dunia ini sering mengganti algoritmanya dengan sistem yang rumit, canggih dan terkadang ‘merugikan’ pemilik website, tetap saja kehadirannya sangat dibutuhkan. Dalam kasus ini, Anda hanya perlu beradaptasi dengan algoritma baru tersebut. 

Maka dari itu, jangan pernah meremehkan SEO. Suka atau tidak, Anda butuh SEO agar bisnis UKM yang dikelola dapat berkembang dengan maksimal. Tidak hanya dalam ruang lingkup lokal maupun nasional, tapi juga secara Global!

Leave a Reply