Sejarah dan Fakta Menarik Beer Guinness

By | July 28, 2020

Guinness – Nama brand bir Guinness mungkin sudah tidak asing bagi para pecinta bir. Rasa Guinness Beer itu sangat khas dan tentu sulit dilupakan oleh pecintanya. Sebagai penggemar dan penyuka bir, tahukah kamu bagaimana sejarahnya?

Bir yang memiliki rasa kopi ini diawali ketika Arthur Guinness mendapatkan warisan dari mendiang Bapak Baptisnya di tahun 1757. Uang yang didapat dari warisan tersebut, Arthur kemudian menggunakannya untuk membuka usaha pembuatan bir. Bisnis ini pada awalnya dimulai di Leixlip, County Kildare. Pada tahun 1759, kemudian Arthur mengontrak sebuah pabrik brewery. 

Pada mulanya, bir yang diproduksi disini adalah jenis ale dan bir hitam. Namun seiring waktu berjalan, Kemudian Arthur memutuskan untuk menghentikan produksi ale dan hanya fokus memproduksi bir hitam.

Guinness beer ini memang memiliki perjalanan yang sangat lama dan panjang. Guinness ini mulai mengekspor produknya tidak lama setelah didirikan, tepatnya tahun 1769. Karena banyaknya penyuka bir ini, pabrik bir Guinness pun mulai berekspansi dan memperbesar jangkauannya.

Setelah dia meninggal, anak kandungnya, Guinness II mewarisi bisnis Arthur. Namun bukan hanya dari segi bisnis, ternyata Guinness II ini memiliki kemampuan meracik bir dari sang ayah.

Hingga hari ini, Guinness beer ini sudah diproduksi di 50 negara dan tersedia di 150 negara. Di Indonesia, bir dry sout asal Dublin, Irlandia ini sudah masuk pada 1973. Bahkan Indonesia menjadi pasar terbesar ke-6 di dunia untuk Guinness sendiri.

Bir Guinness ini memang memiliki rasa yang kuat dan enak, dikarenakan hop yang digunakan dua kali lebih banyak. Produk Guinness juga menjadi satu-satunya produsen bir yang memanggang barley nya sendiri. Inilah rahasianya bir ini punya citarasa dan kaya akan warna. Kamu bisa melihat situs resmi mereka di link https://www.guinness.id/

Fakta-fakta Bir Guinness

Selain sejarah Guinness yang menarik, ada juga fakta lain yang harus kau ketahui agar melengkapi pengetahuan seputar minuman alkohol kesukaan kamu. Berikut fakta-fakta menariknya.

  • Bir Terlaris

Ternyata, Guinness bir ini menjadi minuman yang paling laku. Setidaknya setiap hari ada 10 juta gelas Guinness yang terjual di seluruh dunia.

  • Bukan Bir Hitam

Mungkin bir yang satu ini dikenal memiliki warna yang hitam. Apakah benar dan sudah kamu buktikan sendiri? Ternyata, bila diperhatikan secara dekat, bir ini berwarna merah ruby.

  • Gambar Harpa

Pada botol Guinness, ada label yang bergambar harpa. Harpa tersebut terkenal pada abad ke-14 di Irlandia. Sekarang, harpa O’Neill atau Brian Boru itu disimpan di perpustakaan College Dublin. Harpa juga menjadi lambang resmi Republik Irlandia dan ada di mata uang resmi  negara itu.

  • Nama Dipatenkan

Produsen bir ini ternyata sudah mematenkan nama Guinness di abad ke-19. Sehingga nama Guinness sebagai merek dagang sudah dilindungi.

  • Ada Kaitannya dengan Guinness Book of World Record

Setelah mendengar istilah Guinness Book of World Record tersebut kamu langsung memikirkan bir? Ternyata istilah dari buku rekor dunia tersebut memang ada kaitannya dengan bir Guinness.

Berawal ketika kepala perusahaan Guinness saat itu Hugh Beaver bermasalah dengan seseorang tahun 1954. Ia lalu membentuk komisi resmi yang tugasnya untuk memecahkan masalah. Kemudian, komisi ini menjadi semacam buku rujukan yang isinya kumpulan rekor dunia yang.

  • Arthur Guinness Day

Untuk memperingati sang pencipta Guinness beer, setiap tahun akan ada satu hari yang disebut sebagai Arthur Guinness Day. Ini seperti dedikasi dan penghargaan untuk sang penemu bir dengan citarasa yang enak.

Leave a Reply