Mengenal Gejala dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

By | Apr 23, 2019

Sakit tenggorokan memang sering kali menyiksa diri penderitanya. Selain keluhan rasa perih dan pedas pada tenggorokan, berbagai gejala lainnya pun akan muncul menyertai penyakit yang satu ini. Bagi sebagian kalangan mungkin penyakit ini, banyak dianggap sebagai sakit ringan saja sehingga seringkali mereka akan mengabaikan dan menganggap sepele permasalahan sakit ini. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengenali gejala dan pengobatan sakit yang biasa disebut dengan radang tenggorokan ini? Berikut ini beberapa ulasan yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut.

Secara umum radang pada tenggorokan dapat terjadi akibat adanya bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh manusia melalui mulut ataupun saluran pernafasan. Penyakit ini dapat menjangkiti siapa saja, yang memang memiliki kondisi tubuh yang kurang fit. Namun berdasarkan beberapa kejadian, radang tenggorokan memang lebih banyak dialami oleh mereka yang memiliki rentan usia anak-anak dan remaja. Mengapa demikian? Hal tersebut lebih disebabkan karena anak dan para remaja, masih memiliki tingkat resistensi terhadap kuman dan virus penyebab radang yang masih rendah.

Berikut ini beberapa gejala umum, yang sering kali diindikasikan bahwa seseorang sedang terjangkit penyakit radang tenggorokan, diantaranya adalah:

  • Muncul rasa pedih dan panas pada tenggorokan penderitanya.
  • Stamina tubuh akan menurun secara drastis, dimana rasa letih dan lelah akan cepat menghinggapi tubuh.
  • Munculnya demam dengan suhu yang dapat mencapai angka 38 derajat Celcius.
  • Munculnya rasa sakit kepala pada penderitanya.

 Penyakit radang tenggorokan, biasanya memang lebih banyak terjadi pada mereka yang memang berada pada kondisi tubuh kurang fit. Oleh karenanya pada penderita radang tenggorokan sangat dianjurkan bagi mereka untuk mengkonsumsi banyak makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin c dalam kadar yang tinggi. Vitamin C pada buah-buahan memang lebih efektif dalam mengembalikan stamina dan kondisi tubuh yang sedang drop. Selain mengkonsumsi buah-buahan dan makanan bervitamin C tinggi, biasanya berbagai ramuan herbal pun banyak dikonsumsi oleh para penderita radang tenggorokan. Mengkonsumsi minuman berbahan dasar jahe yang ditambahkan madu menjadi salah satu cara herbal yang banyak digunakan oleh para penderita radang tenggorokan.

 Jika solusi dan cara seperti diatas, tidak juga menghilangkan radang tenggorokan yang sedang dialami, maka akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sistem pemeriksaan pada dokter selain dapat memberikan solusi untuk pengobatan penyakit, Anda pun akan dapat mencegah timbulnya penyakit penyertaan lainnya. Jangan pernah menganggap bahwa radang tenggorokan merupakan penyakit sepele, yang dapat disembuhkan tanpa harus melakukan pengobatan. Selalu periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan solusi pengobatan terbaik dan hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu panas ataupun dingin, serta memiliki rasa pedas yang tinggi, dimana makanan tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.