Tips Jitu Untuk Mendapatkan Pinjaman Online Terpercaya

By | January 4, 2021

Anda kesulitan untuk mendapatkan kredit dari bank ? Anda Bisa mencoba pinjaman online yang banyak hadir di Indonesia. Kami berikan beberapa tips untuk mencari pinjaman online terbaik dan aman terpercaya.

Dalam memilih layanan pinjaman online tentu saja kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Seiring berjalannya waktu jumlahnya bahkan semakin terus bertambah. Perlu diingat bahwa pada awal mulanya layanan pinjaman peer to peer lending disediakan oleh perusahaan-perusahaan untuk masyarakat yang tidak bisa melakukan kredit di bank.

Selain memiliki keunggulan dalam proses yang cepat dan juga syarat yang tidak memberatkan, pinjaman online juga memiliki kelemahan. Kelemahan utamanya adalah akumulasi biaya dan juga bunga yang tinggi, bahkan bisa mencapai 24% per bulannya. Maka dari itu kita perlu berhati-hati untuk menentukan tempat pinjam uang online. Dan juga dalam menentukan jumlah pengajuan serta durasi kredit sesuai dengan kemampuan kita dalam mengembalikan utang tersebut.

Selain anda harus memastikan tempat pinjaman uang online berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). dan Admin masih ada beberapa tips buat menentukan tempat pinjam uang online terbaik, berikut ini diantaranya:

1. Kredibilitas Yang Memberi Pinjaman

Jika kita melihat perkembangan peer to peer lending yang berkembang di Indonesia maka tidak boleh lepas dari peran OJK sebagai badan otoritas jasa keuangan. Hampir setiap bulannya OJK merilis peusahaan yang mendaftar sebagai penyelenggara pinjam meminjam online yang telah berizin maupun hanya sekedar terdaftar saja.

Namun ketika anda ingin memilih salah satu dari sekian banyak layanan pinjam online, melihat legalitas saja masih belum cukup. Kita juga perlu memastikan bahwa perusahaan pemberi pinjaman tersebut juga memiliki kredibilitas tinggi. Kredibilitas perusahaan-perusahaan teknologi finansial(fintech) bisa kita lihat dari Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB) 90, dan juga pengalaman pengguna yang puas terhadap layanan pinjaman onlien tersebut.

2. Plafon serta Durasi Pinjaman yang Tepat

Banyak yang bilang untuk mendapatkan pinjaman malalui layaran aplikasi pinjaman online adalah hal yang mudah. Namun jika kita benar-benar menghadapi situasi yang mendesak, belum tentu proses pinjam meminjam sesuai dengan harapan kita. Terutama pada jumlah plafon pinjaman serta durasi pinjaman yang akan kita pilih. Plafon dan durasi pinjaman tepat sangat kita perlukan untuk memastikan kemampuan kita dalam mengembalikan hutang ditambah lagi sejumlah biaya lainnya sesuai kesepakatan.

Logikanya begini, pinjaman online banyak ditawarkan dengan pilihan durasi 7, 14 hingga 28 hari. Sedangkan kita hanya mengandalkan gaji sebagai sumber pembayaran untuk membayar hutang tersebut. Jika tidak pandai dalam menentukan durasi pinjaman online yang tepat bisa saja jatuh tempo pembayaran hutang kita sebelum tanggal gajian dibulan berikutnya.

Disamping itu pinjaman online dengan jumlah yang kecil terkadang belum mencukupi untuk menutup kebutuhan keuangan kita. Sedangkan jika anda melakukan pinjaman denagn jumlah besar cukup memberatkan kita dalam  proses pengembaliannya. Sebaiknya kita tentukan dulu jumlah pembayaran yang akan kita kembalikan tidak lebih dari 30% dari gaji kita bulan depan.

3. Berkualitas dalam layanan

Ketika Anda memilih layanan pinjaman online, selalu pastikan bahwa pelayanan perusahaan tersebut memiliki kualitas yang bagus. Layanan berkualitas yang berrati benar-benar mengedepankan keamanan serta kepuasan pellanggan serta harus mengikuti regulasi OJK yang ada di Indonesia.

Layanan berkualitas bisa kita asumsikan dari keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Misalkan nomor telepon yang mudah untuk dihubungi, alamat kantor yang jelas, hingga alamat email bahkan fitur chatting jika ada. Semakin mudah kita berkomunikasi dengan pemberi pinjaman biasanya semakin berkualitas pula layanan yang mereka berikan.

4. Ulasan dan Kepuasan Pengguna lebih utama

Jangan terlalu terburu-buru ketika ingin menginstall aplikasi pinjaman online. Sebaiknya baca terlebih dahulu ulasan atau review pengguna terhadap aplikasi yang ingin anda gunakan. Walaupun setiap ulasan dari pengguna mencerminkan subyektifitas dari masing-masing pengguna berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Namun dengan begitu maka kita bisa memmiliki gambaran dan menyimpulkan bagaimana kualitas aplikasi pinjaman online tersebut.

Jika semakin banyak pengguna yang merasa puas dan aman terhadap layanan aplikasi pinjaman online yang akan kita install, maka semakin layak aplikasi pinjaman online tersebut untuk Anda install. Dan begitu juga sebaliknya, jika terlalu banyak pengalaman user yang merasa kecewa akan aplikasi tersebut maka sebaiknya cari aplikasi yang lain dulu.

Salah satunya layanan pinjaman online yang patut untuk Anda coba adalah tunaiku.

Layaran tunaiku merupakan salah satu FinTech(teknologi finansial) pertama di Indonesia yang bergerak dalam hal menyediakan pinjam uang online yang sudah terdaftar di OJK. Tunaiku juga didukung dengan teknologi serta data analytics yang canggih, dan yang keren layanan Tunaiku mampu melayani anda dengan sangat cepat (24 jam) dan juga memiliki persyaratan yang sangat mudah dan aman.

Perlu anda ketahui bahwa Tunaiku yang merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia yang sudah berdiri sekitar 7 tahun yakni sejak tahun 2014. Tunaiku sendiri salah satu produk terbaik yang dimiliki Amar Bank, dimana Amar Bank merupakan salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi yang sudah ada di Indonesia dan telah beroperasi sejak tahun 1991. Selain berada di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank ini juga dinaungi oleh bendera perusahaan multinasional yakini Tolaram Group. Karena Tunaiku berada di bawah naungan bank resmi di Indonesia,

TOLARAM Group merupakan perusahaan multinasional yang telah berdiri lebih dari 60 tahun. TOLARAM bergerak di berbagai bidang bisnis diantaranya bisanis barang kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, dan juga infrastruktur yang tersebar di Negara Afrika, Eropa, dan Asia, dengan kantor pusat yang terletak di Singapura.

Leave a Reply