Tips Untuk Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

By | March 30, 2021

Pandemi COVID-19 atau biasa disebut Corona Virus yang sedang melanda seleuruh dunia saat ini mengajarkan kita bahwa kebersihan memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan tubuh kita. Menjaga kebersihan tentu saja sangat membantu dalam menjaga kesehatan kita. Berdasarkan beberapa sumber yang kami kutip, COVID-19 disebabkan oleh masuknya virus tertentu ke dalam tubuh serta menyerang saluran pernapasan kita. Biasanya virus Corona ini akan menempel dan berkembang biak di sepanjang saluran pernafasan sampai ke paru-paru. Corona Virus ini menular melalui partikel air yang keluar dari tubuh orang lain yang sudah terpapar oleh virus ini sebelumnya.

Penularan virus ini bisa melalui dari cipratan batuk maupun bersin yang bisa langsung ke orang maunpun melalui droplet. Oleh karena itu penggunaan alat kesehatan seperti masker bisa membantu dalam pencegahan agar tidak tertular maupun menulari orang lain lewat batuk. Berikut ini cara menjaga kesehatan di masa pandemi yang perlu dicoba.

1. Selalu lakukan cuci tangan menggunakan sabun

Virus corona bisa dihilangkan dengan cara mencuci tangan dengan sabun jika dilakukan dengan benar. Virus corona mempunyai lapisan lipid lemak yang bisa dihilangkan dengan sabun secara efektif, maka dari itu, mencuci tangan dengan sabun dan desinfektan akan sangat membantu kita dalam mencegah penularan virus corona ini.

2. Hindari menyentuh bagian wajah

Salah satu cara penyebaran virus corona ini adalah ketika virus corona masuk melalui hidung, mulut  maupun mata lewat sentuhan. Salah satu penyebaran penularan yang paling banyak adalah melalui tangan, oleh karena itu hindari menyentuh wajah dengan tangan, terutama ketika anda sedang berada di luar rumah.

3. Selalu memakai masker

Dalam penyebaran virus corona, batuk dan bersin seringkali menjadi media penularan yang sangat bahaya. Dengan menggunakan masker yang tepat terbukti dapat mencegah dari paparan virus  serta penyebaran. Semakin bagus dari kualitas masker maka akan semakin efektif hasilnya.

4. Tutup mulut ketika batuk atau bersin

Selain menggunakan masker, cara pencegahan yang lain agar anda tetap sehat dan jauh dari virus corona yaitu dengan menutup mulut ketika batuk atau bersin. Tutup mulut ketika batuk atau bersin dengan menggunakan tangan bagian dalam.

5. Social distancing dan di rumah saja

Stay at home dan social distancing adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mencegah penularan dan juga menghindari penularan virus corona. Semakin jarang anda keluar dari rumah, kontak dengan orang lain pun juga akan semakin jarang. Dengan demikian kemungkinan anda tertular pun menurun.

6. Makan makanan yang bergizi

Untuk tetap bisa menjaga daya tahan tubuh supaya tetap dalam kondisi sehat dimasa pandemi ini, maka usahakan makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi buah dan sayur serta perbanyak makanan untuk menambah imun atau daya tahan tubuh anda.

7. Berolahragalah secara teratur

Selain makan makanan bergizi, berolahraga tentu juga perlu untuk bisa menambah daya tahan tubuh dan agar tetap sehat selama masa pandemi. Olahraga seperti lari, jogging, senam dan bersepeda sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh.

Itulah artikel kesehatan tentang tips cara menjaga kesehatan dimasa pandemi COVID-19 ini. Semoga anda sehat selalu, dijauhkan dari corona, dan selalu stay safe dimasa pandemi ini. Selain itu ditengah situasi seperti ini tidak ada salahnya jika Anda menambahkan perlindungan kecelakaan diri. Pastikan rasa sayang untuk keluarga selalu terjaga di tengah pandemi ini.

Leave a Reply