Obat Scabies Anjing dan Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Para Pemilik

By | January 18, 2020

Selain kucing, anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Predikatnya sebagai hewan pintar dengan kesetiaan yang tinggi menjadikannya menjadi hewan yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan sang pemeliharanya. Hingga muncul istilah “anjing adalah teman terbaik manusia”. Selain karakteristiknya yang menyenangkan, banyak orang yang menyukai anjing karena juga memiliki varian yang beraneka ragam dengan aneka bentuk fisik yang menggemaskan.

Selain karakter maupun penampilan fisiknya, tidak bisa dipungkiri bahwa apapun yang berkenaan dengan anjing pasti selalu menarik perhatian. Mulai dari pernak-pernik, baju, sekaligus beragam bentuk makanan anjing. Yang tak kalah penting tentunya adalah yang berkaitan dengan kesehatan, termasuk berbagai vitamin serta obat-obatan yang diperlukan anjing bilamana sakit. Salah satu penyakit yang paling sering ditemui pada anjing adalah penyakit scabies. Scabies pada anjing adalah penyakit kulit yang biasanya disebabkan oleh manifestasi parasit dari luar seperti tungau. Parasi ini sangat kecil sehingga untuk melihatnya diperlukan alat bantu seperti mikroskop. Parasit ini hidup dan berkembang biak di folikel kulit.

Anjing yang terkena scabies harus segera diobati agar penyakitnya tidak menyebar ke seluruh kulit. Tak sulit untuk menemukan obat untuk scabies. Namun, poin penting yang tidak boleh terlupa ialah tidak diperbolehkan asal memilih jenis obat. Sebelum memilih jenis obat yang tepat, baiknya kamu harus bisa memastikan terlebih dahulu apakah penyebab munculnya scabies. Tentu diperlukan pengecekan oleh dokter hewan guna memberi rekomendasi tindakan yang tepat serta obat yang diperlukan untuk mengantisipasinya.

Membawa ke dokter hewan adalah tindakan yang tepat sekaligus disarankan untuk penangan yang lebih cepat. Sama halnya dengan manusia, anjing yang memiliki scabies mengalami gejala terutama dalam hal perubahan perilaku yang signifikan. Misalnya munculnya sikap aneh pada si anjing. Sering menggaruk pada bagian tubuh tertentu. Kemudian mengeluarkan bau yang tidak sedap dari telinga, kulit dan bagian tubuh lainnya.

Pertolongan pertama yang mesti dilakukan ialah mengetahui penyebab dari timbulnya penyakit. Ketika kamu tidak kompeten dalam hal ini, ada baiknya menyerahkan permasalahan tersebut pada dokter untuk penanganan yang lebih profesional. Setelah itu barulah ikuti semua saran dari mereka. Berhubung penyakit scabies berhubungan dengan sistem kulit yang ada pada anjing, maka kamu perlu memperhatikan tingkah dari si anjing. Usahakan dia tidak sering bermain air. Pasalnya, hal itu akan membuat luka menjadi kian basah yang bisa memperparah keadaan. Jika perlu, lakukan pembersihan secara perlahan dan dengan alat yang steril.

Scabies pada anjing adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit luar yang membuatnya terinfeksi. Bentuk parasit tungau yang hanya bisa dilihat oleh bantuan alat medis. Salah satu yang menjadi faktor pemicu terjadinya scabies adalah masalah sanitasi, khususnya kebersihan kandang. Kandang yang kurang higienis menjadi tempat yang cocok untuk tumbuhnya jamur maupun bakteri merugikan. Kondisi tersebut kian menakutkan ketika sistem kekebalan tubuh hewan tidak bagus. Maka ada baiknya untuk segera membawa anjing pada dokter hewan dan lakukan konsultasi secara berkala sesuai instruksi. Salah satu obat yang cukup familiar untuk digunakan saat anjing mengalami scabies adalah Scadix dog.

Jangan sampai karena terlalu panik justru malah membuat kamu melakukan hal yang membuat kondisi anjing kian memburuk. Contoh, memilih produk kesehatan anjing secara sembarang. Yang perlu diingat adalah jangan pernah asal dalam melakukan pengobatan. Hal yang dikhawatirkan adalah bukannya kondisi anjing membaik tapi justru malah mengalami gangguan yang lebih parah. Tentu hal itu bukanlah yang diinginkan bukan?. Berikut ini beberapa tips sederhana yang setidaknya bisa dilakukan guna menangkal anjing terkena scabies, diantaranya sebagai berikut:

Lakukan check up setidaknya sebulan sekali untuk memastikan bahwa anjing selalu dalam keadaan baik.
Pilih kualitas makanan yang paling cocok. Anjing yang memiliki alergi biasanya akan mengalami gatal pada kulit.
Perhatikan kandang untuk selalu dalam keadaan bersih.
Selalu memandikan anjing dengan frekuensi yang sudah dianjurkan oleh dokter hewan.

Ketika kamu tidak terlalu yakin dengan obat yang ada di pasaran. Tidak ada salahnya untuk meminta rekomendasi dari dokter mengenai obat scabies yang aman untuk anjing. Selain itu, pemilik juga harus memperhatikan semua gerak-gerik mencurigakan dari hewan. Misalnya saja, timbulnya bau tak sedap di sekitar telinga, serta kemunculan permukaan kulit kasar. Tidak perlu menunggu lebih lama, langsung berikan penanganan yang cepat dengan membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapat tindakan yang tepat agar scabies dapat segera dikendalikan dan disembuhkan.

Leave a Reply