Langkah Sederhana Mencegah Deman Berdarah

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, mungkin hal ini perlu diterapkan kita agar bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan virus. Salah satunya demam berdarah yang saat ini banyak menjatuhkan korban. Virus yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti ini memang terbilang mematikan. Namun jika pengobatan demam berdarah dilakukan dengan baik dan benar, maka semua itu bisa teratasi. Namun alangkah lebih baik jika kita mencegahnya, dimulai dari lingkungan sendiri yang itu rumah. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana untuk mencegah demam berdarah, diantaranya:

  1. Membersihkan bak mandi secara rutin
    Langkah yang pertama adalah dengan membersihkan bak mandi secara teratur, minimal satu minggu sekali. Hal ini penting dilakukan, karenya air merupakan tempat berkembang biak nyamuk aedes. Biasanya proses perkembangbiakan nyamuk ini berlangsung selama 8-10 hari. Maka dengan membersihkan bak mandi secara rutin dapat menghentikan proses atau siklus hidup nyamuk tersebut.
  2. Perhatikan perabot yang menampung air
    Selanjutnya perhatikanlah perabotan rumah tangga anda yang menampung air, seperti baskom, vas bunga, ember dan lain sebagainya. Karena wadah yang dapat menampung air sangat rentan dijadikan tempat bersarangnya nyamuk aedes. Untuk itu anda juga harus rajin membersihkan barang-barang tersebut, setidaknya dapat mengurangi resiko munculnya demam berdarah.
  3. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama
    Baju kotor yang menumpuk sangat disukai oleh nyamuk yang satu ini. Tidak hanya sebagai tempat favoritnya nyamuk untuk berkembang biak, namun tumpukan baju yang kotor juga merupakaj tempat favorit nyamuk untuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Untuk itu jangan terlalu lama menumpukan atau menggantung baju anda terlalu lama, jika memang sudah kotor atau tidak akan dipakai lagi, lebih baik dicuci dna langsng disimpan ke lemari.

Itulah beberap tips menncegah virus demam berdarah. Untuk memperoleh informasi tentang kesehatan, anda bisa mengunjungi websitenya Gue Sehat di https://www.guesehat.com/. Dengan begitu anda dapat merawat kesehatan anda dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.