Teknik Sablon Kaos Menggunakan Metode Manual Satuan Menarik dan Kekinian

By | May 13, 2019

close up of man in blank t-shirt

Banyak hal yang mungkin menyebabkan buruknya penyablonan kaos anda. Mempunyai kaos dengan gambar yang telah luntur pastinya membuat anda malas untuk mengenakannya. Walaupun salon adalah pemecahan yang diambil untuk mempercantik penampilan kaos, akan tetapi beragam pertimbangan biaya yang mahal, akan menurunkan keinginan anda. Karena itulah, apa salahnya jika sablon kaos manual mesti anda coba. Identifikasi lebih jauh akan definisi dan teknik penyablonan secara manual berikut ini:

A. Definisi Sablon Manual

Sablon manual merupakan penyablonan pakaian tanpa memakai bantuan alat-alat mesin. Perkakas yang diperlukan dalam proses ini adalah begitu simple dan gampang didapatkan. Teknik sablon ini hanya memerlukan beberapa alat seperti  beberapa tipe kain saring, rakel. Sesungguhnya proses ini dapat mengurangi biaya akibat mahalnya harga peralatan. Di samping itu, pemakaian mesini ini amat bagik untuk anda yang sedang melakukan penghematan.

Perkakas Sablon Manual

Berbagai tipe bahan kaos bisa diterapakan dalam teknik ini,termasuk kain katun viscose, polyster dan lain sebagainya. Tinta adalah bagian penting dalam proses ini. Mutu tinta akan memberikan dampak kepada kualitas penyablonan. Di samping itu, kondisi screen dan rakus mesti seringkali dikontrol supaya tidak menghambat proses produksi penyablonan.

B. Teknik Sablon Manual

Seringkali pengusahan sablon mendapatkan kesulitan ketikan memakai bahan emulsi dalam membuat desain cetakan kaos satuan,. Emulsi merupakan bagian yang bercirikan segera kering saat terkena berkas cahaya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam proses pencetakan kaos satuan yang dilakukan secara efisien maupun praktis, tanpa pemakaian bahan Polyflex.

 

  1. Sediakan dahulu desain
    Sebelum dilakukan proses penyablonan, sediakan dahulu desain kertas stiker cutting dan rubahlah letak luar kaos ke posisi dalam, seperti halnya prinsip mirror. Kemudian, rekatkan selotip pada beberapa bidang permukaan kain saring yang anda usahakan untuk tidak terkena tinta.

 

  • Tempelkan dengan selotip
    Usai perekatan, cek hasil pelakbanan satu kali lagi untuk meyakinkan tidak adanya kebocoran tinta saat penyablonan. Yakinkan adanya kebersihan kain yang hendak disablon, lalu letakkanlah kain saring  secara tepat pada bidang permukaan pakaian yang hendak anda sablon.
  • Tahap Penyelesaian
    Setelah proses kedua, maka tunggulah beberapa waktu supay tinta dapat terserap secara optimal pada permukaan kaos, sekitar 10-15 menit. Maka anda pun dijamin mendapatkan hasil yang oke punya.

 

Perkakas manual penyablonan bisa anda dapat dapatkan secara gampang di pasar. Setiap pemakaian jenis sablon mempunyai plus minus sendiri, termasuk proses manual ini. Di bawah ini adalah keunggulan serta kekurangan penyablonan secara manual :

Keunggulan

  1. Dapat menghemat biaya karena tidak memakan biaya besar (biaya perawatan perkakas dan produksi)
  2. Tinta akan lebih terjaga  keawetannya (bergantung mutu tinta)
  3. Baik bagi mereka yang ingin mulai usaha penyablonan
  4. Teknik sablon gampang diterapkan  
  5. Bisa digunakan dalam memprint sablon dalam jumlah besar

Kelemahan

  1. Mememerlukan waktu produksi yang cukup lama
  2. Peralatan harus dipakai dengan cermat dan hati-hati (sceen /kain saring)
  3. Memerlukan fungsi cahaya surya dalam pengeringan

Mesti dimengerti bahwa keberhasilan seseorang akan berawal dari bisnis yang dijalankan saat ini. Jika anda tertarik berkecimpun dalam bisnis penyablonan, awalilah dengan menerapkan teknik penyablonan kaos secara manual. karena teknik ini tidak memerlukan biaya operasional yang mahal. Kemudian carilah mentor/pembimbing yang akan memberikan saran untuk memperbaiki serta membuka kesempatan anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.