Makanan yang Mengandung Asam Folat Bagi Ibu Hamil

By | Nov 28, 2018

Foto: (parenting.firstcry.com)

Makanan yang mengandung asam folat sangat banyak dan mudah ditemukan. Asam folat atau yang biasa disebut dengan vitamin B9 adalah kandungan yang sangat baik untuk kebutuhan ibu hamil bahkan setelah melahirkan. Makanan yang banyak mengandung asam folat biasanya berasal dari sayuran hijau dan jenis makanan lain seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Manfaatnya sangat besar untuk tumbuh kembang sang janin hingga bisa lahir secara normal. Kebutuhan asam folat sebenarnya tidak hanya dikonsumsi untuk ibu hamil saja. Untuk orang biasa pun asam folat harus dikonsumsi agar tubuh bisa seimbang dengan kandungan baik. Selain makanan, asam folat juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Suplemen yang mengandung asam folat sekarang sudah terjual secara bebas di apotek. Tapi ingat, Anda harus benar-benar membaca aturan konsumsinya. Asam folat yang terlalu berlebih juga tidak baik, untuk itulah harus dikonsumsi secukupnya saja. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan diimbangi melalui makanan yang mengandung asam folat. Makanan-makanan tersebut sangat mudah ditemukan dan harganya pun tidak mahal. Bagi ibu hamil, kebutuhan asam folat memang meningkat tinggi dibandingkan dengan orang biasa. Bagi ibu hamil, kebutuhan asam folat per harinya aadalah 400 hingga 600 mcg. Konsultasikan kepada dokter jika Anda ingin mengkonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung asam folat karena masing-masing tubuh manusia juga tipenya berbeda-beda dalam menerima asam folat per harinya.

Karena manfaat asam folat itu sangat bermanfaat untuk ibu hamil dari awal kehamilan hingga setelah melahirkan, makanan yang mengandung asam folat harus dikonsumsi secara rutin meski dalam jumlah yang sedikit, baca selengkapnya. Untuk itulah, berikut adalah rekomendasi makanan yang mengandung asam folat bagi awal kehamilan hingga di mana sang ibu akan mendekati masa kelahiran :

Foto :(Anna Shkuratova/Shutterstock)

  1. Alpukat

Selain enak bila dibuat jus, ternyata alpukat mempunyai kandungan 90 mikrogram asam folat di dalamnya. Asam lemak omega-3 sangat baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak janin. Anda bisa membuatnya sebagai jus ataupun salad sebagai camilan.

  1. Brokoli dan Kembang Kol

Siapa sih yang tidak tahu kehebatan dari kedua sayur yang mirip ini? Kandungan vitamin C dari kedua sayur ini memang mengandung sumber asam folat juga. Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan sup dan bahkan sebagai jus.

  1. Jagung

Jagung adalah makanan sehat yang mengenyangkan sehingga bisa menjadi pengganti nasi. Jika Anda yang saat awal kehamilan enggan untuk memakan nasi, untuk memenuhi karbohidrat dan asam folat, bisa diganti dengan jagung. Anda bisa membuatnya menjadi bubur jagung ataupun memasukkannya ke dalam sup atau sayur bening yang dicampur dengan bayam yang juga mengandung asam folat yang cukup tinggi.

  1. Bit Merah

Mungkin banyak yang kurang mendengar jenis bahan makanan ini. Bit merah mempunyai ciri fisik seperti umbi ini ternyata mempunyai kandungan asam folat sebesar 107 mcg setiap penyajiannya. Anda bisa membuat jus dan dijadikan salad dengan bit merah ini.

  1. Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang cukup terkenal dan sangat enak untuk dijadikan lalapan. Di pasar sangat mudah ditemukan dan rasanya sangat murah. Ternyata, kubis ini mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi untuk membangun DNA pada janin.

Masih banyak lagi makanan yang mengandung asam folat untuk keperluan ibu hamil. Kreasikan masakan Anda setiap harinya dengan bahan-bahan makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.