Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Laptop Acer dan Cara Mengatasinya

By | Nov 12, 2018

Pada era teknologi seperti sekarang ini, memiliki laptop bagi seseorang sudah menjadi sebuah keharusan. Hampir setiap orang, apalagi pelajar, mahasiswa dan pegawai kantor dapat dipastikan memiliki laptop. Salah satu merek laptop favorit orang Indonesia adalah Laptop Acer. Baca juga : Daftar Harga Laptop Acer Terbaik

Laptop Acer menjadi salah satu merek favorit masyarakat Indonesia karena memiliki kualitas yang cukup bagus dan harganya cukup terjangkau alias murah. Sehingga untuk bisa memiliki laptop ini dapat dijangkau oleh semua kalangan. Namun sayangnya, dibalik harga yang murah ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Laptop Acer. Berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi pada laptop Acer dan cara mengatasinya:

  1. Kerusakan Pada Kipas atau Fan Pendingin

Bagi Anda penggemar laptop Acer tentu sudah tidak asing lagi dengan tipe Acer 4738 atau 4738z. kedua laptop ini memiliki ukuran yang sama, yaitu 14 inc. Laptop ini memiliki desain yang unik dan simpel serta memiliki harga yang cukup murah. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang memiliki laptop jenis ini.

Namun sayangnya, banyak sekali yang mengeluhkan bahwasanya laptop yang dimilikinya memiliki kekurangan pada kipas tau fan pendingin. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus kerusakan kipas tau fan yang terjadi pada laptop Acer.

Kerusakan pada fan atau kipas pendingin pada laptop biasanya akan mengakibatkan laptop akan sering mati-mati. Jika dihidupkan akan mudah terasa panas dan akan mati secara tiba-tiba. Selain itu, tidak ada pembuangan angin yang keluar dari heat sink.  Karena laptop mudah panas maka laptop biasanya akan sering mati.

Cara mengatasinya adalah dengan membongkar laptop yang anda miliki, kemudian mencobanya dengan menggunakan kipas baru atau menggunakan kipas laptop lain yang memiliki jenis yang sama. Jika benar karena masalah kipas atau fan pendingin yang tidak bisa berputar maka sebaiknya menggantinya dengan fan baru.

  1. Kerusakan Pada Mainboard

Selain kerusakan kipas atau fan pendingin pada laptop Acer, ada juga kerusakan yang sering terjadi, yaitu kerusakan pada mainboard. Jika terjadi kerusakan pada mainboard biasanya ditandai dengan laptop tampil blank atau gelap. Atau bahkan tidak mau hidup sama sekali. Kerusakan pada bagian ini cukup vital dan harus menggantinya dengan biaya yang cukup mahal.

Jika masih bisa diperbaiki, maka Anda cukup membayar biaya service atau jasa perbaikan. Sedangkan jika mainboardnya sudah rusak parah maka harus diganti dengan mainboard yang baru, yang memiliki harga cukup tinggi hingga jutaan rupiah.

  1. Eror Pada tombol Keyboard

Salah satu kerusakan yang hampir sering terjadi pada semua jenis merek Laptop termasuk laptop Acer adalah kerusakan yang terjadi pada keyboard. Banyak sekali kasus dimana orang mengeluhkan salah satu tombol keyboard mati atau tidak dapat difungsikan atau bahkan mati secara keseluruhan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menyebalkan bukan?

Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rusak keyboard adalah dengan mengeceknya secara langsung. Apakah yang menyebabkan salah satu atau semua tombol tersebut mati.mungkin ada semut mati atau kotoran lainnya yang mengganggu. Atau bisa juga terjadi konsleting listrik.

Semua kerusakan tersebut tidak bisa diatasi sebelum mengamati titik permasalahan secara langsung. Dengan mengetahui kerusakan secara langsung maka cara mengatasinya pun akan jauh lebih jelas dan cepat.

Jika kerusakan terjadi hanya karena kotoran kemudian biasa dibersihkan dan difungsikan lagi maka biaya yang harus Anda bayarkan tidaklah mahal. Sedangkan jika segala tombol sudah tidak bisa difungsikan dan tidak bisa diperbaiki maka dengan terpaksa Anda harus menggantinya dengan keyboard baru. Atau bisa juga mengganti dengan keyboard eksternal yang memiliki harga yang lebih murah.

Bagaimana menurut Anda? Beberapa kerusakan di atas bukan berarti mempengaruhi Anda untuk tidak menyukai laptop Acer. Melainkan hanya sedikit gambaran permasalahan yang biasa dihadapi dan cara mengatasinya.

Setiap barang pasti memiliki kualitas dan keterbatasan tertentu. Jika suatu produk diproduksi secara sempurna, maka vendor laptop akan segera tutup karena hanya dengan cukup membeli laptop satu kali bisa digunakan untuk selamanya. Tidak mungkin kan? Semua ini sudah menjadi hukum alam bahwa ada kelebihan ada juga kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.