Cara Agar Anda Bisa Tetap Tidur Nyenyak dan Nyaman di Saat Musim Kemarau

By | Aug 21, 2018

Musim kemarau selalu saja identik dengan suasana yang gersang, gerah dan panas, beraktifitaspun jadi kurang nyaman karena produksi keringat jadi bertambah. Selain aktifitas seperti bekerja dan lain sebagainya, terkadang tidur juga terganggu oleh cuaca panas. Biasanya kita sebagai manusia jadi sulit terlelap ketika cuaca terlalu panas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar tidur anda tetap nyenyak dan nyaman.

  1. Saat musim kemarau tiba, segera ganti sprei, sarung bantal dan juga guling anda dengan sprei berbahan katun atau bahan satin yang dingin di kulit. Termasuk untuk selimut, gunakan selimut tipis yang terbuat dari katun juga. Biasanya selimut seperti ini mendinginkan badan saat cuaca panas dan menghangatkan badan ketika cuaca dingin.
  2. Pakai baju tidur wanita yang bahannya tipis dan juga terbuat dari katun sehingga lebih mudah menyerap keringat dan juga membuat badan lebih adem, dengan itu tidur anda tidak akan terganggu oleh panasnya cuaca saat itu. Selain berbahan tipis anda juga bisa memilih model baju tidur wanita berupa blouse. Atau jika anda berpasangan, anda bisa menggunakan baju tidur yang cukup terbuka. Tips lainnya juga anda dapat menaruh baju tidur atau piyama Anda ke dalam sebuah plastik. Kemudian, dinginkan mereka di dalam freezer selama 15 menit sebelum waktu tidur. Ini dapat membuat pakaian yang melekat di tubuh terasa lebih dingin dan segar, dan tidur pun lebih nyenyak.
  3. Selain menggunakan baju tidur wanita, anda bisa menggunakan kipas angin, AC atau pendingin ruangan. Hal ini akan sangat membantu tidur anda dan juga cara paling efektif. Tapi perlu dicatat bahwa jangan menyalakan AC, kipas angin dan pendingin ruangan terlalu rendah suhunya karena salah-salah anda malah akan terkena masuk angin atau bahkan pilek. Set saja di 22 derajat untuk AC dan di ukuran medium untuk kipas angin, jangan juga menembakkan kipas angina langsung ke badan ya.
  4. Jika anda tidak memiliki kipas angina atau pendingin ruangan, membuka sedikit jendela saat tidur tidak ada salahnya kok. Tapi dengan catatan jendela anda sudah dilapisi tralis atau kawat filter agar tidak ada serangga masuk.
  5. Minum air yang cukup agar badan tetap terhidrasi dengan baik saat tidur. Minum air sangat penting, sebelum tidur pun anda perlu meminum air yang cukup agar and masih terhidrasi saat anda terlelap. Atau anda bisa membawa satu botol air minum dekat dengan tempat tidur anda sehingga saat anda merasa haus anda bisa dengan mudah mengambil minum.
  6. Tips lainnya, sebelum tidur ada baiknya anda andi air dingin terlebih dahulu. Mandi air hangat memang bisa melemaskan otot yang kaku setelah seharian bekerja, namun di musim panas, lebih baik mandi dengan air dingin sebelum tidur. Ini merupakan yang tercepat untuk menurunkan suhu pada tubuh dan membuat tidur lebih nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar mendapatkan kualitas tidur yang baik saat musim panas. Pastikan anda selalu tidur dengan lelap dan rileks setiap harinya agar anda dapat menjalani hari esok lebih segar tanpa terganggu oleh rasa ngantuk yang datang. Pemilihan baju tidur yang tepat juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Selamat mencoba tips di atas ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.