Potensi Kerajinan Tangan yang Dilupakan Masyarakat

By | May 28, 2018

Pecinta produk handmade kini dimudahkan dengan hadirnya toko online khusus kerajinan tangan. Salah satu surga bagi para pemburu kerajinan tangan adalah marketplace khusus barang handmade. Lewat marketplace, pembeli bisa dengan mudah memilih barang dan bertransaksi. Begitu juga dengan pengrajin yang terbantu dalam melayani pembeli sehingga bisa lebih fokus dalam urusan produksi. Itulah alasan marketplace khusus kerajinan tangan semakin berkembang.

Lewat marketplace, produk kerajinan semakin menemukan “titik puncak kejayaannya”

Lewat marketplace, pembeli bisa mendapatkan beragam blouse wanita. Keunggulan beli blouse wanita handmade adalah kualitasnya yang terjamin. Selain itu, model juga lebih beragam dan berbeda satu sama lain. Jadi lebih unik dan menarik.

Salah satu marketplace khusus kerajinan tersebut adalah Qlapa. Alasan yang melatari dibangunnya marketplace tersebut adalah karena kecintaan foundernya pada kerajinan tangan. Bahkan ada salah salah satu marketplace yang dibangun karena pemiliknya merupakan pengrajin produk handmade.

Alasan lain, mereka memilih membangun marketplace handmade karena potensi besar dari kerajinan lokal. Kerajinan tangan lokal begitu diminati di luar negeri. Tidak menutup kemungkinan, industri ini akan menjadi raja di negeri sendiri. Terlebih ketika konsumen mulai sadar bahwa produk lokal punya kualitas sekelas dunia. Misalnya, komoditas fashion seperti blouse wanita.

Inspirasi blouse wanita masa kini dari marketplace handmade  

Blouse wanita handmade bisa kamu dapatkan salah satunya di marketplace Qlapa. Berikut beberapa inspirasi blouse cantik untuk dipakai sehari-hari atau acara formal:

  • Trisia Blouse. Item ini dibuat dari bahan batik cap kombinasi katun polos dengan desain asimetris. Modelnya terlihat sederhana tapi tetap elegan.
  • Blouse Doby Tricort. Blouse batik ini dibuat dengan teknik cap. Perpaduan warna fanta dan biru membuatnya terlihat feminim.
  • Blouse Tenun Ikat. Produk ini adalah original handmade tenun ikat yang tiap lembarnya melewati 13 proses manual. Perpaduan warnanya cantik, tak heran kalau item ini menjadi salah satu item favorit pembeli minggu ini.

Jadi, dimana blouse wanita handmade pilihanmu?

Kebiasaan konsumsi produk imitasi bakal menghapus ragam produk handmade yang bernilai tinggi

Bukan rahasia lagi kalau blouse wanita imitasi di pasaran lebih laku daripada produk original. Tanpa disadari ternyata konsumsi barang imitasi sangat merugikan produsen lokal. Dampaknya bukan hanya pada kerugian secara ekonomi tetapi juga bagi konsumen dan pencari kerja.

Tim Survei dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Eugenia Mardanugraha menyebutkan bahwa industri dalam negeri kehilangan Rp3 triliun per tahun. Seharusnya uang tersebut bisa didapatkan untuk membayar upah buruh secara layak. Karena jumlah penjualan produk original lokal kalah dari produk imitasi, keuntungan yang didapatkan pun tidak sesuai harapan.

Banyak alasan mengapa konsumen lebih senang barang tiruan, seperti:

  • Terlihat keren. Memakai barang merek terkenal memang terlihat keren dan berduit. Padahal orang tentu bisa menilai seseorang dari segi ekonomi. Kalau barang ratusan juta dipakai masyarakat menengah ke bawah, tentu orang akan langsung menebak kalau produknya KW.
  • Harga murah. Inilah alasan terbesar kenapa orang memilih barang imitasi. Untuk mendapatkan barang tiruan juga cukup mudah. Bahkan jual beli barang imitasi jadi salah satu lahan mudah untuk mendapatkan keuntungan.
  • Budaya latah. Biasanya barang branded dipakai oleh selebritis atau selebgram. Karena ingin ikutan terlihat keren dan mengikuti zaman, orang rela memilih barang imitasi, karena masih terjangkau.
  • Belum ada hukum tegas yang melarang jual beli produk palsu. Hal ini membuat penjual tidak jera menjual barang imitasi. Selain itu mereka juga didukung oleh minat pembeli yang tinggi.

Sudah terbukti kan, kalau barang imitasi membuat perekonomian tidak kondusif. Lama kelamaan, industri lokal akan tergerus dan tergantikan. Kecuali, mindset masyarakat berubah dan memahami bahaya membeli barang tiruan, kemudian beralih pada produk original.

Apabila didukung, pasar produk handmade akan sangat menguntungkan

Keberadaan barang tiruan akan tetap bertumbuh karena ada faktor pendukungnya, yaitu konsumen. Selama masih ada yang membeli barang imitasi, pasti produk tersebut akan tetap eksis. Pola yang sama sebenarnya bisa terjadi pada produk handmade. Jika masyarakat sadar dan mendukung keberadaan barang handmade, tentu akan berkembang lebih pesat.

Negara lain punya industri yang diandalkan dan terkenal hingga ke luar negeri. Misalnya anime atau manga dari Jepang, atau K-Pop dari negara Korea Selatan. Untuk Indonesia, industri yang diandalkan adalah hasil kerajinan tangan. Karena saat ini, kerajinan tangan menyumbang pemasukan besar dair sektor industri kreatif. Selain itu, negara luar juga sudah mulai banyak yang mengenal kualitas dan keunikan kerjainan tangan lokal.

Dari segi ekspor, permintaan produk kerajinan semakin tinggi. Artinya, industri ini punya potensi untuk terus berkembang. Sekalipun ada banyak hal yang harus dibenahi, misalnya kompetensi pengrajin, strategi marketing serta dukungan konsumen lokal. Jika aspek-aspek tersebut sudah bisa diatasi, maka tidak menutup kemungkinan kalau kerajinan tangan akan berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.