5 Tips Menghemat Belanja Dapur

By | Jan 26, 2018

Dibanding kebutuhan rumah tangga lainnya, biaya belanja dapur lebih banyak menyita budget. Betapa tidak, ibu rumah tangga mesti membeli keperluan dapur setiap hari, tanpa ada jeda sedikitpun. Berbeda dengan kebutuhan lainnya seperti biaya pendidikan atau biaya listrik, yang bisa disediakan  sebulan sekali. Jika seorang ibu rumah tangga bisa memangkas pengeluaran untuk belanja dapur, maka ia sudah bisa menghemat banyak sekali budget bulanan keluarga. Sayangnya, ditengah gejolak kebutuhan pangan yang semakin meningkat, agak sulit bagi ibu rumah tangga untuk menghemat belanja dapur. Jangan khawatir, berikut ini kami akan membahas 5 tips menghemat belanja dapur.

  1. Buat Daftar Menu dan Daftar Belanja
    Satu hal yang membuat seorang ibu sulit menghemat budget belanja yaitu malas membuat daftar menu dan daftar belanja. Padahal dengan menggunakan daftar menu dan belanja, seorang ibu bisa menentukan anggaran belanja yang paling tepat. Untuk menghemat budget, kamu mesti menentukan daftar menu harian selama sebulan. Jika daftar menu harian sudah dibuat, maka kamu tinggal memperkirakan bahan-bahan apa saja yang mesti dibeli. Catat lalu jadikan daftar belanjaan. Nah sebelum pergi shopping ke supermarket, toko swalayan, pasar tradisional, dan lainnya, sebaiknya kamu bawa daftar belanjaan tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu membeli bahan-bahan dapur, sehingga pekerjaan ‘pun selesai dalam waktu singkat.

  2. Penyortiran
    Ibarat memiliki toko, untuk menghemat budget belanja bulanan, kamu mesti melakukan penyortiran. Penyortiran ini dilakukan agar kamu bisa menemukan keperluan dapur mana saja yang boleh dibeli dan mana yang tidak. Sebelum belanja, sebaiknya kamu melakukan penyortiran ini. Cek olehmu isi kulkas, lalu catat bahan-bahan mana saja yang porsinya kurang sehingga kamu mesti memasukannya dalam daftar belanjaan. Selain itu kamu ‘pun mesti selektif, cek bahan-bahan dapur mana saja yang dirasa penting dan tidak penting. Misalnya pada bulan yang lalu kamu membeli banyak sekali buah naga, namun selama sebulan ternyata buah naga tidak terlalu kamu perlukan. Maka dari itu, kamu mesti menghapus buah naga dari daftar belanjaan.

  3. Belanja Online
    Jika kamu tak sempat belanja di supermarket atau mall, maka kamu bisa belanja via online. Khususnya jika kamu ingin membeli keperluan dapur dalam jumlah banyak, maka kamu bisa mendapatkan potongan harga fantastis. Namun sebelum membeli bahan-bahan dapur via online, sebaiknya kamu ketahui waktu pengirimannya. Jika terlalu lama, dikhawatirkan bahan-bahan dapur tersebut sudah tidak dalam keadaan fresh lagi. Poin plus lainnya dari online shopping ini yaitu kamu bisa menemukan Tokopedia gratis ongkir. Jadi jika kamu belanja keperluan dapur di Tokopedia, maka kamu tak perlu lagi mengeluarkan biaya ongkos kirim. Manfaatkan gratis ongkir Tokopedia 2017, dan kamu ‘pun bisa menghemat uang belanja dapur lebih baik lagi.

  4. Belanja di Pasar Tradisional
    Jangan pernah gengsi belanja di pasar tradisional karena kamu bisa menghemat budget belanja dapur. Kamu bisa membeli berbagai keperluan dapur dengan harga yang sangat miring karena kamu bisa nego dengan penjual. Sistem tawar-menawar ini tentunya tidak bisa kamu temukan di supermarket atau mall. Tak hanya itu, berbagai bahan pangan yang ada di pasar tradisional tentunya bebas pajak, jadi harganya pasti lebih murah. Apalagi jika kamu datangnya di pagi buta, maka kamu bisa menemukan buah atau sayuran yang masih fresh dengan harga yang juga sangat murah. Enyahkan gengsi dan belanjalah di pasar tradisional!

  5. Meracik Bumbu Sendiri
    Untuk menghemat waktu, kebanyakan ibu rumah tangga menggunakan bumbu instan yang dijual di toko-toko. Sayangnya, kebiasaan ini malah membuat budget belanja dapur meningkat tajam. Tak hanya itu, karena dipak dengan menggunakan kemasan, bumbu instan tentunya berisikan bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan. Karena alasan kesehatan dan juga penghematan, ada baiknya kamu meracik bumbu sendiri. Jika kesulitan dalam menggunakan ulekan, kamu bisa menggunakan blender.

Apabila kamu ingin menghemat anggaran bulanan yang diberikan suami, pastikan kamu menghemat budget belanja dapur. Terapkan beberapa tips diatas, dan tetaplah berinovasi agar kamu mampu memiliki management dapur yang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.