Penyebab Sulitnya Cari Kost Murah di Jakarta

By | Dec 7, 2017

Sebenarnya mencari kost an murah di manapun sama-sama sulit. Namun untuk di Jakarta, harus diakui mencari tempat kost an murah adalah sesuatu yang jauh lebih sulit. Ada beberapa hal yang menjadikan mencari tempat kost di Jakarta itu sulit, di antaranya adalah:

  1. Biaya Pajak di Jakarta Itu Besar
    Tidak adanya tempat kost yang murah di Jakarta disebabkan oleh pajak bangunan di Jakarta yang juga memang sangat besar.

    Pajak Bumi dan Bangunan di Jakarta terbilang besar. Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik rumah dan kost an tentu akan menyesuaikan biaya sewa dengan besaran pajak PBB.

    Jadi jangan heran jika semakin strategis tempat kost an, semakin mahal biaya kost di tempat tersebut. Hal ini bukan karena pemilik tempat kost ingin mengambil keuntungan yang sangat besar dalam waktu singkat, namun lebih karena biaya pajak rumahnya memang “agak mencekik”.

  2. Perebutan Tempat Kost Murah
    Bukan hanya anda yang mencari tempat kost murah di Jakarta. Puluhan atau bahkan ribuan orang lainpun melakukannya. Oleh sebab itu jangan kaget jika anda menemukan tempat kost murah namun ternyata semua kamar sudah penuh terisi.

    Untuk mengakali hal ini, cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah menghubungi salah satu penghuni kost an dan mengajak dia untuk patungan mengisi kamar kost an bersama.

    Namun meminta berbagi kamar bukanlah perkara mudah. Apalagi jika anda tidak terlalu dikenal oleh orang tersebut. Oleh sebab itu, cara yang lebih baik adalah dengan bertanya kepada teman kantor/kuliah apakah dia mau berbagi kamar dengan anda.

Tentu saja, andapun wajib untuk patungan dalam menyewa kamar.

  1. Budget Anda memang Benar-Benar Minim
    Ada kalanya bahwa budget yang anda miliki benar-benar kurang sehingga sekeras apapun anda mencari tempat kost an, anda tetap kesulitan mendapatkannya. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mencari orang yang mau berbagi kamar kost an.

    Namun tentu saja, anda tidak dapat terus menerus bergantung kepada “numpang ngekost”. Cara terbaik mengatasi hal ini adalah dengan mencari pekerjaan tambahan untuk menambah budget yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.