Harga AC Inverter dan Teknologi yang Digunakan

By | Aug 3, 2017

Suhu yang panas terutama saat sudah memasuki musim panas, membuat sebagian besar orang siap-siap menggunakan kipas angin, baju pendek ataupun AC. Penggunaan AC tidak hanya bisa membantu untuk membuat suhu ruangan menjadi menurun atau lebih dingin namun juga membuat Anda merasa nyaman saat berada di ruangan yang terpasang AC. Harga AC di pasaran sendiri bervariasi dan salah satunya yang mempengaruhi adalah teknologi yang diaplikasikan di air conditioner tersebut.

Salah satu jenis teknologi yang terpasang pada AC dan sudah banyak diaplikasikan adalah teknologi inverter. Keunggulan yang paling menonjol dari AC inverter adalah lebih hemat energi sehingga tagihan listrik per bulan Anda menjadi lebih murah. Dengan teknologi tersebut, air conditioner mampu menjaga suhu pada ruangan untuk tetap stabil di suhu tertentu tanpa alat elektronik tersebut harus hidup mati hingga berulang kali.

Teknologi AC Inverter memungkinkan compressor AC untuk tetap aktif secara terus menerus dan menyesuaikan laju dari pergerakan untuk bisa mempertahankan suhu ruangan yang diinginkan oleh pengguna tanpa harus mati menyala. Keunggulan lainnya dari penggunaan AC inverter adalah:

  • Waktu yang lebih cepat untuk ke suhu ruangan yang diinginkan.
  • Tarikan AC inverter yang pertama pada listrik lebih rendah hingga 1/3 dibandingkan dengan AC tanpa inverter.
  • Bisa hemat energi bahkan hingga 60%.
  • Menghindari beban yang berlebih ketika AC tersebut dijalankan.
  • Fluktuasi temperatur yang hampir tidak terjadi.
  • Cocok digunakan untuk ruangan yang kecil dan tertutup.

Harga AC yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis AC tanpa menggunakan inverter sebanding dengan apa yang diperoleh oleh konsumen. Karena jika dibandingkan dengan jenis AC tanpa inverter seperti AC Low watt, AC inverter suhu yang diciptakan lebih stabil sehingga nyaman untuk digunakan. . Ada komponen yang memegang peran utama AC inverter yaitu microcontroller. Dalam alat elektronik tersebut terdapat teknologi inverter terintegrasi yang ada di dalam unit outdoor. Compressor yang ada di luar ruangan mengubah tingkat dari kompresi refrigerant yang memungkinkan pengaturan suhu pengaturan tersebut pada kenyataannya diperoleh dari adanya pengubahan kecepatan motor di compressor. Kecepatan motor kompresor bisa diatur dan dikontrol dengan halus di berbagai tingkatan sehingga AC tidak hanya hemat listrik atau energi namun juga melakukan pengaturan suhu yang lebih bagus.

Akan tetapi, walaupun AC inverter memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis AC low watt yang masih banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia, AC jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah:

  • Harganya lebih mahal.
  • Biaya perawatan yang lebih mahal.
  • Saat AC baru dihidupkan, daya listrik lebih tinggi.
  • Jika dibandingkan dengan AC standar, masih kurang cepat dingin.
  • Mudah rusak karena komponen yang bekerja terus tanpa adanya proses idle.
  • Harga komponen yang mahal terutama freon.
  • Di Indonesia, tidak semua teknik AC yang paham mengenai teknologi inverter yang diaplikasikan pada AC.
  • Boros jika digunakan di ruangan yang terbuka dan atau di ruangan yang besar.

Selain AC inverter, terdapat jenis AC yang harganya lebih mahal. AC Hybrid memiliki harga AC yang lebih mahal dibandingkan dengan AC inverter. Tipe air conditioner ini menerapkan teknologi atau inovasi terbaru untuk lebih bisa menghemat energi dan Anda bisa menentukan berapa PK. Misalnya, hybrid 1 PK, memungkinkan Anda untuk bisa memilih menggunakan ½ PK, ¾ PK ataupun 1 PK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.