Wayang Golek di Zaman Modern, Diminati dan Dikoleksi

By | Oct 25, 2016

wayang-golek

Melestarikan budaya bangsa adalah salah satu hal paling mulia yang bisa Anda lakukan. Ini bisa dimulai dengan mengetahui apa saja kesenian yang dimiliki bangsa ini. Salah satu dari kesenian yang patut untuk dilestarikan adalah wayang golek yang berasal dari Sunda. Pertunjukan tren boneka kayu ini dulunya adalah hiburan yang sangat populer bagi masyarakat, sebelum modernisasi menggerusnya. Namun beruntung, sekarang ini sudah cukup banyak orang juga yang bertekad terus melestarikan nya.

Istilah dari kata ‘golek’ ini sendiri mengacu pada dua macam arti. Arti pertama adalah “mencari”, sedangkan yang kedua adalah “boneka kayu”. Wayang jenis ini memang berbeda dengan wayang kulit yang biasa ditemukan di daerah Jawa Tengah. Meski dari segi cerita dan pertunjukan, keduanya memiliki kemiripan satu sama lain, yaitu mengambil kisah dari Ramayana serta Mahabharata.

Pertunjukan wayang golek sendiri mulai mendapatkan bentuk modenya di abad ke-19. Setiap pertunjukan wayang ini selalu diiringi dengan tetabuhan musik tradisional dan juga sinden. Acara wayang ini biasanya bisa ditemukan di berbagai kawasan Jawa Barat sebagai hiburan untuk rakyat, untuk acara pemerintahan, pesta kenduri, bahkan hingga digunakan sebagai alat untuk ruwatan demi mendapatkan berkah dan keuntungan.

Di zaman modern sendiri, Anda akan bisa menemukan berbagai festival atau acara yang masih menggunakan wayang dari kayu ini sebagai pengisi acara, dan masih disambut dengan hangat. Acara-acara tersebut di antaranya adalah:

  1. Acara pernikahan.
  2. Hajatan besar, di mana pertunjukan bisa berlangsung semalaman suntuk.
  3. Festival seni, saat wayang ini menjadi salah satu dari atraksi utama karena keunikannya.
  4. Acara kesenian di sekolah, untuk menjadi media pembelajaran bagi anak-anak.
  5. Bahkan acara-acara di TV sekarang ini pun juga ada yang menggunakan wayang kayu ini, kebanyakan sebagai bumbu untuk komedi.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi kolektor wayang dari kayu ini? Golek-golek tersebut masih diproduksi sampai sekarang, terutama di kawasan Jawa Barat yang penuh dengan turis seperti Bandung. Kalau Anda mau memulai mengoleksinya, Anda bisa mencarinya mulai dari tempat-tempat berikut ini:

  1. Toko souvenir
    Barangkali tempat paling mudah untuk menemukan wayang-wayang ini adalah di toko souvenir, terutama di kawasan Bandung atau Jawa Barat pada umumnya. Anda akan bisa menemukannya dalam bentuk set, individu, bahkan aksesorisnya seperti golek mini, gantungan kunci, pulpen, dan sebagainya.
  2. Galeri tradisional
    Banyak pengrajin wayang yang juga membuka galeri khusus atau menyuplai toko-toko souvenir di atas. Kalau Anda ingin mendapatkan barang yang lebih murah maupun ingin memesan wayang sesuai dengan keinginan Anda, di sinilah tempat yang terbaik untuk mendapatkannya.
  3. Pasar tradisional
    Banyak pula pedagang wayang ini yang berada di pasar tradisional, meski biasanya mereka tidak hanya khusus menjual wayang saja. Namun siapa tahu, Anda bisa mendapatkan golek unik di tempat ini. Anda juga bisa menawar.
  4. Internet
    Lahan pencarian terbesar adalah di internet. Sudah banyak pengrajin dan toko souvenir yang membuka lapak mereka sendiri di berbagai situs e-commerce. Demikian juga dengan komunitas pecinta golek ini.

Warna-warni wayang golek di Bukalapak yang indah, detailnya yang beragam, dan kenyataan bahwa Anda bisa memesan wayang ini membuatnya menjadi benda kolektor yang menarik. Tentu saja, kalau Anda ingin mulai mengoleksi, sediakan dana yang cukup. Harga wayang ini bisa bervariasi antara Rp40 ribuan saja, sampai dengan jutaan Rupiah. Semua tergantung dari kualitas dan juga kesulitan pembuatannya tentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.