Hati-hati dengan Stop Kontak Bila Tak Ingin Terkena Listrik

By | Sep 29, 2016

stop-kontak

Setiap rumah memiliki produk furniture yang tak sama, begitu pula dengan perabotan listrik yang menjadi bagian terpenting di sebuah hunian. Dalam komponennya, furniture kelistrikan ini antaranya ialah stop kontak. Adalah bagian terpenting dalam menghantarkan sekaligus pemutus sebuah arus listrik. Seperti pengendali utama atas kinerja kelistrikan di suatu lokasi untuk bersifat on maupun off. Hingga nantinya arus listrik bersangkutan dapat difungsikan dengan baik. Tentu saja, perlengkapan yang satu ini wajib dimiliki tak hanya untuk sebuah rumah tetapi juga pada tempat-tempat lainnya, seperti Hotel, Kantor, Rumah sakit dan lainnya.

Bilamana dilihat dari pengertian tersebut, kotak kontak listrik ini mempunyai peran yang vital. Adapun pada kegunaan yang dipunyai oleh kotak ajaib yang satu ini ialah:

  • Menghubungkan sumber listrik dengan mudah dan cepat.
  • Sebagai komando utama atas kinerja sebuah tegangan dari listrik.
  • Perantara dari alat-alat bertenaga listrik dengan sumber listrik.
  • Menjadikan operasional kelistrikan lebih mudah untuk dihandle dan dioperasikan.

Beberapa peran tersebut lebih memacu pada segi general dan nantinya kotak kontak kelistrikan ini akan berfungsi lebih spesifik berdasarkan macam-macamnya. Dimana bagian dari tipe kotak penghubung arus listrik ini antaranya ialah:

  • Kotak kontak listrik kecil merupakan sebuah kotak dengan lubang kanal kecil dan lebih difungsikan untuk menghantarkan daya listrik yang bertenaga rendah. Seperti contohnya dengan cas ponsel, kipas angin dan lainnya.
  • Kotak kontak listrik in blow ialah kotak listrik yang posisi lubangnya lebih ke dalam. Model kotak ini cocok untuk diaplikasikan pada penggunaan cas laptop, kabel komputer, dll.
  • Out bow yang biasanya ditampilkan dalam bentuk memanjang dan melingkar. Dimana kotak listrik bersangkutan lebih dari satu dengan satu kendali yang menghubungkan beberapa ruang. Tipe ini sangat praktis dan cocok untuk banyak muatan, seperti pada pemakaian secara bersamaan.

Keanekaragaman dari sebuah stop kontak menjadi salah satu pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keamanan. Berdasarkan penggunaannya, Anda dapat memastikannya dengan beberapa cara seperti berikut:

  • Pilih kotak kontak listrik tersebut sesuai dengan daya guna kelistrikan bersangkutan, dari model yang satu lubang, dua hingga tiga. Pada umumnya demikian.
  • Pastikan adanya tipe kotak yang permanen untuk penggunaan yang lebih aman.
  • Pilih kualitas berstandar nasional Indonesia atau SNI.
  • Sesuaikan penggunaan kotak kontak yang bersifat portable berdasarkan dengan kebutuhan dan secara temporary saja demi keamanan.

Sebagai salah satu pihak yang ingin memilih kotak kontak kelistrikan untuk suatu tempat, tentu tak melepaskan sisi penting kebutuhan dan keamanan. Pada kualifikasi bersangkutan dapat disesuaikan berdasarkan dengan beberapa hal, seperti tersebut. Sampai pada nantinya ditemui adanya komponen penghubung listrik yang tepat dan terbaik. Pastinya penuh hati-hati agar tak melukai diri sendiri maupun pihak lainnya. Perihal demikian ini dapat Anda mulai dengan pemilihan, penggunaan dan perawatan yang berhati-hati.

Tindakan hati-hati atas penggunaan komponen bernama stop kontak ini, dapat dipersempit dengan jangkauan kualifikasi masing-masing. Sedangkan dalam fokus general, dapat Anda mulai dari beberapa treatment berikut ini:

  • Pilih kotak penghubung listrik sesuai kebutuhan.
  • Pastikan bahwa tata letak kotak tersebut tak terpapar oleh air seperti tetesan dari air hujan maupun air lainnya, begitu pula dengan sinar matahari secara langsung.
  • Posisikan dengan letak yang tak dapat dijangkau oleh anak-anak.
  • Gunakan sesuai kebutuhan, bila sudah tak diperlukan lagi, segera disimpan yang berlaku untuk kotak listrik portable. Sedangkan untuk kotak permanen bisa melepaskan komponen bertenaga listrik itu setelah tak diperlukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.