Cara Mudah Membuat Obat Tifus atau Typus Dari Cacing Tanah

By | Mar 18, 2015
Salah satu manfaat dan kegunaan cacing tanah ternyata sanggup menyembuhkan penyakit Typus dan sangat manjur untuk obat penurun panas badan anda. Lalu bagaimana sih Cara Membuat Obat Tifus atau Typus Dari Cacing Tanah ini. banyak cara untuk mengolah cacing tanah hasil budidaya ini untuk obat penurun panas dan obat typus. Suku Maori (New Zealand), Aborigin (Australia), Aztec, dan suku-suku primitif lain biasa memanggang cacing di atas api unggun, atau di bawah panas matahari sebelum menumbuknya sampai halus untuk dimakan dengan roti.
Budidaya Cacing Tanah

Budidaya Cacing Tanah

Di dalam buku The Worm Book (1998), cacing tanah disajikan sebagai menu yang lebih menarik, diantaranya : Oatmeal Earthworm-Raisin Muffins (muffin gandum rasa cacing tanah dengan kismis), Earthworm Meatloaf, & Caramel Earthworm Brownies. Di buku lain, Urban Wilderness: A Guidebook to Resourceful City Living (1979), Christopher Nyerges, sang pengarang, menyarankan untuk membalut cacing tanah dengan tepung, goreng dengan mentega sampai warnanya kecoklatan, campur dengan tumisan bawang dan jamur, kemudian oleskan sour cream. Yang katanya enak. Untuk lebih menyakinkan, lebih baik kalian mencobanya sendiri.

Cacing yang terlihat menjijikkan itu ternyata berpotensi besar sebagai bahan makanan. Cacing tanah mengandung banyak protein, yang sangat diperlukan oleh tubuh. Beberapa sumber menyebut cara pengolahan cacing adalah dengan memasukkan bersama tepung maizena selama 48 jam, atau menyimpan di dalam freeze. Untuk menghilangkan lendirnya, cacing direbus dengan air mendidih.Makhluk ini dipercaya muncul sekitar 120 juta tahun silam. Cacing sendiri sangat unik karena tidak punya kaki, tidak punya otak dan paru-paru, tapi malah punya 5 jantung. Cacing juga termasuk satu dari sedikit jenis binatang yang hermaprodit.
Mungkin bagi kebanyakan orang, cacing hanya berguna sebagai umpan dalam memancing atau sekadar menyuburkan tanah, namun ternyata cacing memiliki banyak kegunaan.

Negeri Perancis, yang terkenal pakar mengolah bekicot menjadi makanan yang lezat, ternyata juga ahli memasak cacing tanah. Souffle Ver de Terre nama menunya. Ver de Terre artinya cacing tanah dalam bahasa Perancis. Di beberapa negara Asia dan Afrika, cacing tanah yang telah dibersihkan dan dibelah kemudian dijemur hingga kering, lazim dijadikan makanan obat. Pengolahannya dengan disangrai atau digoreng kering, kemudian disantap sebagai keripik cacing. Diduga kebiasaan menyantap cacing ini membantu menekan angka kematian akibat diare di negara-negara miskin Asia-Afrika.

Beberapa penelitian tmembuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thypii. Proses pengolahan lumbricus rubellus, dilakukan dengan system higroscopy. Yaitu kandungan air cacing tanah diserap dengan menggunakan kain kasa. Berikit langkah-langkahnya :

  1. Siapkan Cacing tanah merah bukan cacing tanah biasa pada umumnya namun cacing hasil dari budidaya atau peternakan seperti cacing tanah lumbricus rubellus, cacing tanah tiger dll. bisa di beli di Jual Cacing Jogjakarta dan Kandang Cacing Jogja
  2. Bersihkan dan pastikan sudah tidak ada unsur tanah atau kotoran lain, sekedar untuk menjaga higienisnya saja.
  3. Tuangkan air kira – kira 3 gelas untuk ukuran diminum 3 X sehari.
  4. Masukkan cacing dan rebus hingga mendidih.`
  5. Saring dan ambil airnya saja.
  6. Dinginkan sebentar atau minumkan hangat – hangat.
Bentuk Obat Tifus atau Typus dari Cacing Tanah
  • Pil Cacing
  • Kapsul Cacing | Contoh : Kapsul Vitakap Jamu Typus
  • Extrak Cacing
  • Cacing yang Dikeringkan
  • Jus Cacing Tanah Merah
Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa cacing tanah memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit tifus atau yang sering kita dengar dengan sebutan demam tifoid tanpa efek samping dan tentu saja ekonomis. Dari hasil pengalaman seseorang, cacing tanah dapat mengobati tifus dalam jangka waktu 2-3 hari dengan dosis yang teratur. Jadi, cacing yang kecil pun bisa berguna besar.
sumber : carabudidayacacingtanah.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.