Inilah Si Pelopor BlackBerry Messenger (BBM)

By | Sep 7, 2013
BBM-GARY
Gary Klassen, mantan mahasiswa lulusan University of Waterloo jurusan Geologi, tahun 1992, mulai mengembangkan aplikasi BlackBerry Messenger pada tahun 2005 dengan tim kecilnya yang dipertemukan antara anggota satu dengan yang lainnya karena ketidaksengajaan.
Saat ini Gary memikul 3 tanggung jawab : Arsitektur, Inovasi, dan Outreach. Si pencipta BBM (BlackBerry Messenger) mulai bergabung di perusahaan industri Telekomunikasi Research In Motion (RIM) pada tahun 2010. Dilansir dari linkedin.com.
Booming Layanan Pesan Instan Gratis Sesama platform
Melansir dari therecord.com, Gary Klassen mengatakan bahwa “tidak semua orang di perusahaan yakin ada ruang untuk instan platform,” sambil mengingat ke masa lalu, Gary menambahkan merasa tak percaya dengan memboomingnya layanan pesan instan gratis sesama platform untuk saat ini, sekarang BBM, memiliki 60 juta pengguna di seluruh dunia.
Sebelumnya salah satu dari anggota di timnya adalah seorang mahasiswa dari Mississauga yang tengah berkesperimen dengan aplikasi instant messaging ciptaannya sendiri dan mengirimkannya ke perusahaan Research In Motion. Alhasil ia direkrut menjadi tim BBM.
Meskipun awalnya skeptis, tim proyek ini diberi kesempatan untuk bereksperimen “ini akan menjadi yang pertama di perangkat mobile, dan hanya ada di perangkat mobile. katanya.
Kini BBM telah mendunia dan bahkan bermunculan aplikasi layanan aplikasi lintas platform, sebut saja Whatsapp, Line, Wechat dan lain-lain yang mengekor kesuksesan BlackBerry Messenger.

Jatuh Bangun
Tim menghadapi beberapa kegagalan dan kesalahan-kesalahan pada mulanya. Terlebih, tekanan yang dirasakan oleh Garry cs berlipat-lipat karena harus bersaing dengan MSN dan AOL Instant Messenger yang tengah populer masa itu.

“Kami mengujicoba banyak hal yang akhirnya gagal. Tapi dari kesalahan-kesalahan itulah yang menghasilkan inovasi baru yang lebih penting,” kisah Garry sebagaimana dikutip dari Therecord.

Bahkan pada saat itu, tim BBM harus mencuri waktu dari tugas lain untuk bekerja pada layanan cikal bakal instant messagingK, lassen mengatakan.

“Kami mencoba memperbaiki banyak hal yang tidak bekerja,” kata Klassen. Sepanjang jalan tim tersandung pada beberapa inovasi yang ternyata menjadi sangat penting dihari kemudian.

Di antaranya adalah huruf “D” dan “R”, huruf-huruf merah kecil yang menunjukkan bahwa pesan BlackBerry telah disampaikan dan dibaca oleh penerima.

Indikator seperti itu sangat penting dalam ponsel, kata Klassen. “Hal ini menyebabkan banyak stres ketika Anda online, kenyataanya tidak.”

Gary tiada menyangka, bahwa saat ini BBM tumbuh melebihi semua harapannya. Klaim si pencipta BBM yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi.

Fakta tentang si Pencipta BBM, dulu dia adalah salah satu mantan karyawan disebuah perusahaan Roadware di Paris, dan pernah ikut berburu emas dan ia percaya bahwa geologi memperluas keterampilan dan mengajarinya cara belajar disiplin baru.
Gary pun mendesak orang-orang muda untuk tidak membatasi diri untuk belajar disegala bidang karena keterampilan berlaku di mana saja.
sumber : http://logilmu.blogspot.com/2013/09/gary-klassen-si-pelopor-blackberry.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.