Antivirus Terbaik Tahun 2013 Versi PCMag

By | Jul 8, 2013
Virus
Virus komputer merupakan salah satu masalah paling menjengkelkan yang sering dihadapi oleh pengguna komputer. Selain karena sifatnya yang merusak, baik software maupun hardware, terkadang virus juga mencuri berbagai data penting, biasanya berupa informasi pribadi. Untuk mengatasi permasalahan ini, beberapa perusahaan di dunia berusaha untuk mengeluarkan berbagai antivirus. Namun ternyata banyaknya varian antivirus ini justru membuat pengguna bingung untuk memilih antivirus mana yang akan di gunakan. Syukurlah salah satu situs komputer ternama pcmag.com baru-baru ini telah merilis 5 antivirus terbaik di tahun 2013 yang bisa anda jadikan reverensi untuk memilih antivirus apa yang akan anda gunakan.
Karena banyaknya jenis anti virus yang ada di pasaran saat ini, pcmag hanya mengambil sampel dari sekitar 40 antivirus saja. Ada tiga metode yang digunakan dalam pemberian nilai untuk tiap antivirus yaitu kemampuan untuk melakukan instalasi dan pembersihan pada komputer yang telah terikfeksi, kemampuan untuk mencegah virus menginfeksi sebuah komputer dan berdasarkan nilai dari beberapa labs antivirus independent di dunia. Pada tes pertama setiap antivirus diujicobakan dengan cara diinstal pada 12 sistem virtual yang telah terinfeksi oleh berbagai macamvirus. Tiap antivirus lalu dinilai berdasarkan kemudahan instalasi dan seberapa banyak malware yang bisa mereka lenyapkan. Untuk tabel hasil lengkap tes ini silahkan klik disini.
Pada tes kedua setiap antivirus akan diuji mengenai kemampuannya dalam memblock virus yang mencoba menginveksi sebuah komputer. Setiap antivirus akan di instal pada sebuah komputer yang bebas dari virus lalu akan di beri folder yang berisi berbagai macam virus. Disini akan dilihat seberapa cepat dan seberapa banyak virus yang mampu di block oleh antivirus. Untuk hasil lengkapnya silahkan klik disini. Selain itu untuk memperkuat hasil penilaiannya pcmag juga menyertakan hasil pengujian dari berbagai lab antivirus lainnya, untuk melihat ringkasannya silahkan klik disini.
Dari berbagai hasil pengujian ini maka inilah 5 antivirus terbaik untuk tahun 2013 yaitu BitDefender Antivirus Plus 2013, Norton Antivirus 2013, Webroot Secure Anywhere Antivirus 2013, Kaspersky Antivirus 2013, dan Trend Micro Titanium Antivirus+ 2013. Dari kesemua antivirus itu sayangnya tidak ada satupun yang merupakan antivirus gratis. Untuk versi antivirus gratis pcmag merekomendasikan AVG Anti-Virus Free 2013. Walau bersifat gratis antivirus AVG ternyata mempunyai kualitas yang baik dalam memblock malware. bahkan lebih baik dari BitDefender, hanya saja proses instalasi pada sistem yang telah terjangkit virus memberi point yang cukup buruk untuk antivirus ini.
Jadi antivirus apa yang akan anda pilih? Silahkan sesuaikan dengan kondisi komputer dan juga budget anda, setiap anti virus punya kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi anda yang menentukan antivirus mana yang sesuai untuk anda. Jika anda ingin melihat ulasan lengkap terhadap berbagai antivirus yang diujicoba silahkan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.