Daftar orang terkenal yang Penderita Disleksia (Susah Membedakan Huruf)

By | Jul 26, 2011
Apa itu Disleksia?

Disleksia adalah ketidakmampuan belajar khusus yang memanifestasikan terutama sebagai kesulitan dengan bahasa tertulis, terutama dengan membaca dan ejaan.

Meskipun disleksia adalah hasil dari perbedaan neurologis, bukan merupakan cacat intelektual. Disleksia terjadi pada semua tingkat kecerdasan, rata-rata, di atas rata-rata, dan sangat berbakat.

Disleksia umumnya ditandai dengan kesulitan dengan belajar bagaimana untuk memecahkan kode pada tingkat kata, mengeja, dan untuk membaca secara akurat dan lancar.

Tidak ada obat untuk disleksia, tetapi individu disleksia bisa belajar membaca dan menulis dengan pendidikan yang sesuai atau pengobatan.


Ada bukti penelitian yang luas menunjukkan bahwa instruksi khusus phonics dapat membantu memulihkan defisit membaca.


Di Amerika Serikat, peneliti memperkirakan prevalensi disleksia berkisar 5-9 persen anak-anak usia sekolah, meskipun beberapa telah menempatkan angka setinggi 17 persen.


Agatha Christie – (15 September 1890 – 12 Januari 1976) Agatha Christie adalah seorang penulis terbaik dunia sepanjang masa yang hanya benar-benar dikalahkan oleh Alkitab dan disamakan dengan Shakespear, buku-bukunya terjual sekitar 4 miliar kopi di seluruh dunia. Agatha menderita disleksia tetapi ada cara melakukannya menghentikannya dari menjadi kreatif dan belajar bagaimana menulis, novel misteri-nya selalu beberapa yang paling menawan dari semuanya. Buku laris-nya tanpa ragu “And then there was none” yang merupakan sumber inspirasi bagi novelis dan pembuat film bahkan bertahun-tahun setelahnya.

Albert Einstein – (March 14, 1879 – April 18, 1955) Menjadi salah satu pemikir yang paling penting dan terbesar, Albert Einstein abad kemudian diketahui menderita disleksia terutama karena memori buruk dan kegagalan konstan untuk mengingat hal-hal sederhana . Dia tidak akan mengingat bulan pada tahun namun ia akan berhasil dalam memecahkan beberapa rumus matematika paling rumit waktu tanpa kesulitan apapun.Dia mungkin tidak pernah belajar bagaimana untuk benar mengikat tali sepatu, tapi kontribusi ilmiah dan teori masih memiliki pengaruh besar pada semua ilmu pengetahuan terkini.

Alexander Graham Bell – (3 Maret 1847 – 2 Agustus 1922) Yah yang dikenal sebagai penemu telepon Alexander sebenarnya mencoba untuk menemukan cara yang bisa membuat orang tuli mendengar. His mother was slowly becoming deaf when Alexander was only 12 years old making him extremely sensitive to disabilities. Ibunya perlahan-lahan menjadi tuli ketika Alexander hanya 12 tahun membuatnya sangat sensitif terhadap cacat. Once older he was constantly seeking a way to cure them through technology. Setelah tua dia selalu mencari cara untuk menyembuhkan mereka melalui teknologi. He himself had dyslexia which would cause him problems at school, but he always kept his interest for science, especially biology. Dia sendiri telah disleksia yang akan menyebabkan dia bermasalah di sekolah, tapi dia selalu berminat dalam ilmu pengetahuan, khususnya biologi. He would show a great indifference for everything else and would have poor grades. Dia akan menunjukkan ketidak pedulian yang besar untuk segala sesuatu yang lain dan akan memiliki nilai yang buruk. Today Alexander Graham Bell is also well know as one of the founders of the National Geographic society. Hari ini Alexander Graham Bell juga juga tahu sebagai salah satu pendiri masyarakat National Geographic.

Hans Christian Andersen – (2 April 1805 – 4 Agustus 1875) Menjadi seorang penulis cerita fantasi anak-anak, ia adalah seorang korban disleksia dan menunjukkan dunia bahwa ketika Anda menginginkan sesuatu, tidak ada yang dapat menghentikan Anda dari mendapatkannya. Buku-buku yang ditulisnya telah diterjemahkan ke dalam ratusan bahasa yang berbeda dan terus didistribusikan bahkan hari ini dalam jutaan eksemplar. Hans menulis buku seperti “The Emperor’s New Clothes”, “The Princess and the Pea” “Thumbelina”, “The Snow Queen”, “The Ugly Duckling” and “The Little Mermaid”.


Henry Winkler – Henry Franklin Winkler (lahir 30 Oktober 1945) adalah Golden Globe Award-winning, aktor Amerika sutradara, produser dan penulis. Ia mungkin yang paling terkenal karena perannya sebagai Arthur “Fonzie” Winkler menghadiri Sekolah McBurney dan menerima gelar sarjana dari Emerson College pada tahun 1967 dan MFA dari Yale School of Drama pada tahun 1970. In 1978, Emerson gave Winkler an honorary doctorate of humane letters. Pada tahun 1978, Emerson memberi gelar doktor kehormatan Winkler. Winkler juga telah menerima Doctor of Humane Letters dari Austin College. Setelah berjuang sepanjang tahun sekolahnya dengan Winkler disleksia tidak dikenal, pada usia 31, akhirnya mengerti apa yang ia telah bergulat dengan seluruh hidupnya, ketika membuat film dokumenter tentang disleksia, Winkler dirinya menemukan bahwa ia disleksia.

Leonardo Da Vinci – Leonardo di ser Piero da Vinci, (April 15, 1452 – May 2, 1519) adalah seorang polymath Tuscan: ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, pelukis, pematung, arsitek, ahli botani, musisi dan penulis. Sebagai seorang insinyur, Leonardo dikandung ide jauh di depan waktu sendiri, membuat konsep sebuah helikopter, tank, terkonsentrasi tenaga surya, kalkulator, dan lambung ganda, dan menguraikan teori dasar dari lempeng tektonik. Dia juga memiliki karunia disleksia. Sebagian besar waktu, ia menulis catatannya mundur. Meskipun tidak biasa, ini adalah sifat yang dimiliki oleh banyak orang disleksia kidal. Sebagian besar waktu, penulis disleksia bahkan tidak sadar menyadari bahwa mereka menulis dengan cara ini. (baca : Leonardo da Vinci : Kisah Sang Masterpiece Yang Meninggalkan Kontroversi)

Magic Johnson – Earvin Effay Johnson, Jr (lahir 14 Agustus 1959 di Lansing, Michigan) adalah pensiunan Asosiasi Basket Nasional Amerika (NBA) pemain basket untuk Los Angeles Lakers. Johnson diakui sebagai salah satu pemain basket NBA yang paling populer sepanjang masa, menjadi terkenal karena keterampilan luar biasa nya dalam melewati dan menggiring bola, dan selalu ceria di atas dan luar lapangan. Dalam kata-kata Magic Johnson: “The looks, the stares, the giggles . . . I wanted to show everybody that I could do better and also that I could read.”


Thomas Edison – Thomas Alva Edison (11 Februari 1847 – 18 Oktober 1931) adalah seorang penemu Amerika asal Belanda dan pengusaha yang mengembangkan banyak perangkat yang sangat mempengaruhi kehidupan di seluruh dunia, termasuk fonograf dan bola lampu tahan lama. Dia telah dicatat menjadi seseorang yang mengerikan di matematika, tidak bisa fokus, dan mengalami kesulitan dengan kata-kata dan pidato. Ini berakhir tiga bulan Edison bersekolah resmi. Penyebab tuli Edison telah dikaitkan dengan serangan demam berdarah selama masa kanak-kanak dan berulang yang tidak diobati infeksi telinga tengah. Thomas Edison disleksia, masalah anak, dan pembuat kerusakan. Dia berbicara saat ia seharusnya mendengarkan dan tidak mendengarkan ketika guru berbicara. He had no patience. Dia punya kesabaran tidak. Dia tidak terkoordinasi dengan baik dan tidak buruk dalam olahraga. Dia melamar dirinya dengan gairah untuk apa menarik perhatiannya, tapi perhatiannya dengan mudah dialihkan.

Tom Cruise – Thomas Cruise Mapother IV (born July 3, 1962), lebih dikenal sebagai Tom Cruise, adalah aktor Amerika dan produser film. Cruise mengatakan bahwa ia menderita pelecehan sebagai seorang anak. Dia menyatakan bahwa ketika sesuatu yang salah, ayahnya turun sulit baginya. Setelah melewati sekolah lima belas dua belas tahun, Cruise, yang menjatuhkan nama ayahnya pada usia dua belas, juga merupakan korban bullying di sekolah.

Walt Disney – Walter Elias Disney (5 Desember 1901 – 15 Desember, 1966) adalah seorang produser film Amerika, sutradara, penulis skenario, aktor suara, animator, pengusaha, dan dermawan. Disney terkenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dan inovatif di bidang hiburan selama abad kedua puluh. Walt Disney telah disleksia, yang merupakan gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca. Ketika Walt Disney sedang menghadiri sekolah menengah ia juga pergi ke Academy of Fine Arts. Hal ini menyebabkan dia untuk memiliki dua karya sekolah daripada siswa rata-rata di atas fakta bahwa ia juga berurusan dengan disleksia.

Gimana Sobat, sampai – sampai para penulis seperti Agatha Christie dan Hans Christian Andersen pun memiliki kelemahan dalam membaca, menulis dan mengeja.


15 thoughts on “Daftar orang terkenal yang Penderita Disleksia (Susah Membedakan Huruf)

  1. noval

    untk kota Bima Nusa Tenggara Barat kapan mas?, mudah-mudahan amal ibadahnya mendapat pahala dari Allah SWT, amin.

    Reply
  2. Anonymous

    Teman-teman dan Bunda2,
    Sy mempunyai berita gembira. Di Jakarta akan diadakan seminar talk show yg menghadiri dokter spesialis Dyslexia dari Singapura, dr Ang (Clinical Director and Psycholigist of Dyslexia). Dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun. Akan diadakan di sekolah Binus Serpong. Pd tgl 24 feb, Jumat jam 9-11 pagi, di Mini library Hall lt 3. Topik yang akan dibawakan adalah Understanding & Supporting Children with Dyslexia. Jg akan dipaparkan bgmana mengetahui bila anak kita mempunyai gejala2 Dyslexia. Kalau teman2 berminat bisa lgsg reservasi ke admission dept Binus di 021-5380400 ext 5101 -5103.

    Reply
  3. Anonymous

    I really like your blog.. very nice colors & theme.
    Did you make this website yourself or did you hire
    someone to do it for you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to find out where u got this from. thank you
    Here is my homepage :: to make money

    Reply
  4. Anonymous

    An impressive share! I have just forwarded this onto a coworker who has been conducting a little research
    on this. And he in fact bought me breakfast simply because I discovered it for him.
    .. lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!
    ! But yeah, thanks for spending the time to discuss this issue here on your site.
    Also visit my homepage earn money without

    Reply
  5. Anonymous

    Heya i am for the primary time here. I came across this board and I
    find It truly useful & it helped me out a lot. I’m hoping to provide something back and aid others such as you aided me.
    Also see my webpage > watch nfl live

    Reply
  6. Anonymous

    Admiring the time and energy you put into your blog and in depth information you present.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same
    out of date rehashed material. Excellent read! I’ve bookmarked your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.
    Look at my pagemake easy money

    Reply
  7. Anonymous

    Nice post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Very helpful information specifically the last part 🙂 I care for such info a lot. I was seeking this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.
    my web site: lotion for acne

    Reply
  8. Anonymous

    Ahaa, its nice conversation concerning this
    post at this place at this web site, I have read all that,
    so at this time me also commenting at this
    place.
    Also visit my web sitediablo 3 guide

    Reply
  9. Anonymous

    Hi to all, how is everything, I think every one is
    getting more from this website, and your views are fastidious for new viewers.
    Here is my web blog :: old holborn tobacco

    Reply
  10. Anonymous

    Hi, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Ie, it looks fine but when opening
    in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to
    give you a quick heads up! Other then that, superb blog!
    Also see my webpage: erinmore balkan mixture

    Reply
  11. Anonymous

    This design is spectacular! You obviously know how to keep
    a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog
    (well, almost…HaHa!) Fantastic job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented
    it. Too cool!
    Also visit my blog postamber leaf

    Reply
  12. Anonymous

    Hi there to every body, it’s my first go to see of this webpage; this webpage consists of awesome and genuinely fine material in support of readers.
    Feel free to surf my web site ; drum tobacco

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.