Prosedur Sweeping BSA (Prosedur Tindakan Terhadap Windows Bajakan)

By | Mar 23, 2011
Mungkin banyak kita yang belum tahu informasi Penting ini, yaitu Prosedur Sweeping BSA bagi Sobat yang ingin tahu proses atau prosedur jika kita menggunakan windows bajakan silahkan baca pernyataan terkait dari Pihak BSA Indonesia, baca dengan seksama ya, agar kita bisa mangetahui apa  yang harus dilakukan jika misalkan kita terkena masalah atau ketahuan memakai Windows Bajakan alias ilegal.

“Berikut ini adalah prosedur yang perlu diketahui jika terjadi sweeping mengenai Windows Bajakan “Pihak POLRI TIDAK BERHAK Untuk mengambil komputer dari TKP kecuali
TERBUKTI TERLIBAT dalam tindakan kriminal (praduga Tak bersalah)”
Misalnya dipergunakan untuk membuat CD/DVD bajakan itu sendiri, menjual software bajakan, mempubilkasikan secara umum (bersifat komersial) seperti isilagu/ringtone MP3, toko menjual barang ilegal (hard ware curian), credit card fraud, dll.

Proses PEMBUKTIAN KETERLIBATAN seseorang dalam tindakan kriminal yang menggunakan komputer membutuhkan waktu yang lama, termasuk melakukan pengintaian. Jadi, apabila ada POLISI yang berani masuk ke dalam warnet dan menyatakan harus menyita semua komputer yang ada berarti mereka adalah OKNUM yang tidak bertanggungjawab.

Semua ada proses/prosedurnya.

Mengenai pemakaian windows original, pernyataan di bawah ini diperoleh langsung dari pihak Microsoft Indonesiadan juga melalui perwakilannya, yaitu Magenta Sebagai tempat pendaftaran MSRA.


Pertama

Akan ada perwakilan dari pihak yang merasa berkepentingan (misalnya Microsoft) yang lebih dikenal dengan sebutan SURVEYOR datang melakukan SURVEY, BUKAN RAZIA/PENYITAAN! !!. Mereka wajib Menunjukkan surat perintah kerja (SPK) yang berisikan detail apa saja yang harus mereka kerjakan.

User BERHAK melakukan konfirmasi dengan cara menelphone pihak microsoft Indonesia atau Magenta tentang keberadaan surveyor di lapangan tersebut.


Kedua

Apabila surveyor mendapatkan penggunaan software bajakan, maka surveyor tersebut BERHAK meminta suratpernyataan dari user yang WAJIB diisi data sesuai dengan keadaan dilapangan oleh user.


Ketiga

Pihak Microsoft/ Magenta akan mengirim suratpenawaran untuk menyelesaikan tindakan pelanggaran oleh user. Setelah user mengkonfirmasi tindakan yang telah diambil apakah memutuskan untuk menggunakan Windows original atau beralih ke solusi freeware seperti

LINUX, pihak Microsoft/Magenta akan mengirimkan kembali seorang surveyor memastikan kebenaran di lapangan.


Keempat

Apabila user tidak merespon penawaran dan atau setelah surveyor mendatangi kembali masih mendapatkan pelanggaran, maka pihak microsoft/Magenta akan mengirimkan suratperingatan.


Kelima,

Apabila user tidak merespone suratperingatan, maka piak microsoft / magenta akan memeperkarakan secara hukum dan menyerahkannya ke pihak POLRI.

Selanjutnya seperti proses hukum yang berlaku, POLRI akan mengirimkan surat panggilan pertama, kedua, ketiga dan apabila tidak direspon baru akan dilakukan penyitaan dan penyegelan tempat usaha.

Keenam

BSA tidak pernah melakukan razia terhadap warnet. Razia yang ditujukan terhadap warnet selama ini adalah razia yang dilakukan oleh polisi. BSA hanya membantu menyediakan saksi ahli, itupun atas permintaan polisi. BSA belum pernah memasukkan warnet apapun ke dalam daftar target yang harus dirazia. Target BSA adalah perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki kesadaran untuk menghargai hak cipta orang lain. 


Ketujuh

Dalam memeriksa komputer yang disita oleh polisi, BSA bertindak secara obyektif. BSA tidak pernah meminta uang ganti rugi untuk kepentingan BSA, anggota-anggota BSA, maupun pihak-pihak yang mengatasnamakan dirinya sebagai pegawai BSA. Sanksi denda tidak bisa dibayar di tempat. Polisi tidak berwenang meminta denda dan menentukan besarnya kerugian. Sanksi denda hanya boleh dijatuhkan atas dasar putusan pengadilan.


Kedelapan

Bila pemeriksaan BSA menunjukkan bahwa komputer yang disita justru menggunakan software orisinal, BSA akan menjelaskan hal itu kepada polisi. Polisi hendaknya segera mengembalikan komputer yang berisi software orisinal tersebut tanpa memungut biaya apapun dari pemiliknya dan tidak diperkenankan menggunakan nama BSA untuk melakukan tindakan tak terpuji seperti memeras dan sebagainya.


Catatan

Diluar proses/prosedur di atas, User BERHAK mempertahankan kepemilikannya atas harta benda yang dibeli secara legal dan sebagai pembeli dapat memposisikan dirinya sebagai KORBAN. Tidak bisa suatu merek meperkarakan merek lain, misalnya microsoft memperkarakan

Biling Explorer bajakan. Hal tersebut merupakan etika merek dagang terdaftar (registered trade mark) internasional.


Informasi ini dapat diperoleh melalui website Microsoft atau apabila kita mencoba mengaktifasi/ update windows bajakan.


Apabila komputer Anda sudah menggunakan software original (untuk seluruh softwarenya, baik operating system, aplikasi dan anti-virus), jangan takut dirazia. Razia hanya dapat dilakukan polisi dengan membawa surat perintah yang jelas dengan disertai dokumen-dokumen seperti berita acara penyitaan, penggeledahan, dan sebagainya. Apabila ada oknum aparat yang melakukan pemerasan, kami persilakan untuk melaporkannya kepada yang berwajib. BSA juga akan melaporkan oknum-oknum tersebut untuk dapat menjadi perhatian para pemimpin Polri. 

Semoga informasi ini menjawab pertanyaan Anda


Terimakasih

Salam

BSA Indonesia

Semoga Artikel saya ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama buat kita yang umumnya mencari yang bajakan alias Gratis xixixixixix. 

11 thoughts on “Prosedur Sweeping BSA (Prosedur Tindakan Terhadap Windows Bajakan)

  1. Pradisz Wardhana

    Wah.. sob, artikel tentang nod32 keys pada blog saya udah ane delete semua sob.. ckckkc soalnya takut duplikat konten…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.