Bagaimana Seandainnya Saya Tidak Bisa Bersendawa Atau Kentut ? Apakah Saya Akan meledak?

By | Aug 20, 2010

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang seringkali malintas di pikiran anak-anak dimanapun tempatnya dan juga sering ada di pikiran orang dewasa. Untuk mejawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus melihat bagaimana dan mengapa kita harus mengeluarkan gas dengan dua cara, yaitu sendawa dan kentut.

Pada dasarnya, pada saat bersendawa udara dipaksa keluar dari dalam perut melalui kerongkongan dan keluar dari mulut. Kadang-kadang bersendawa terjadi begitu cepat sehingga kita tidak sempat menutup mulut untuk menjaga kesopanan. Oleh karena itu, permintaan maaf pun harus dilakukan. Sering kali, ketika kita makan atau minum   sesuatu  terlalu cepat juga bisa menyebabkan sendawa yang tidak diharapkan. Hal ini terjadi karena pada saat makan dan minum, kamu memasukan ekstra udara yang tidak di butuhkan. Faktor lain sendawa adalah meminum minum-minuman berkarbonat dan meminum melalui sedotan.

Kentut sedikit berbeda (Jadi mau kentut ngebacanya heee3X, Just Kidding). Pada kasus ini gas di keluarkan dari lambung dan dari usus. Gas ini meninggalkan tubuhmu melalui anus. Sering kita berpikir bahwa gas di sebabkan makanan tertentu.  Ini hanya sebagian kecil saja. Memang benar makan makanan seperti kacang-kacangan atau produk-produk makanan harian dapat menyebabkan tubuh kita menghasilkan ekstra gas. Akan tetapi, tubuh sesungguhnya memang menghasilkan sejumlah gas setiap hari, tidak masalah apakah kamu baru saja makan kacang-kacangan pada saat makan siang atau lupa mengambil pil laktosa sebelum minum milkshake atau es krim. Biasanya dinding usus menyerap gas ini ketika ada terlalu banyak gas di lambung untuk bisa di serap, tubuh menemukan cara lain untuk melepaskan tekanan yang tidak diharapkan ini ( ternyata Tubuh adalah seorang penemu yaitu penemu kentut, ckkkkk).  

Jadi, apa jadinya jika kamu memiliki terlalu banyak gas untuk di serap oleh usus dan kamu tidak dapat membuang angin? Ini mungkin bukanlah gambaran yang bagus. Kamu akan merasakan sakit yang teramat sangat. Pertama-tama perut akan merasa kembung. Pikirkan apa yang kamu rasakan setelah kamu makan dan minum  terlalu banyak pada saat yang bersamaan. Seperti itulah rasanya ketika makan terlalu berlebihan, biasanya makanan akan turun setelah beberapa waktu, sayangnya gas yang seharusnya keluar itu tidak kunjung keluar juga. Perut dan usus serasa penuh dengan gas. Seperti balon terisi udara. Seandainya kamu tidak segera kentut,  dinding usus akan meregang melebihi kapasitanya, dan akhirnya akan berlubang dan pecah secara bersamaan. ( Ngeri banget kan, makanya klo makan jangan berlebihan, and Keep Your Health)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.