Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan si Buah Hati

By | August 19, 2021

Untuk menunjang tumbuh kembang balita, Para bunda perlu memberikan Si Kecil asupan nutrisi yang penting dan sehat. Salah satunya dengan memberikan minyak ikan bayi. Minyak ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat penting bagi tumbuh kembang si anak, terutama bagi pertumbuhan otak dan kecerdasan dan juga daya tahan tubuhnya. Selain dari makanan, Bunda juga bisa memberikan minyak ikan buat anak dalam bentuk suplemen.

Namun, memberikan suplemen minyak ikan pada anak bukanlah perkara yang gampang. Rasanya yang cenderung amis membuat banyak anak akan lari menghindar saat diminta untuk meminumnya. Untuk itu, Bunda harus pintar-pintar dalam memilih minyak ikan yang mudah dikonsumsi dan disukai anak.

Minyak ikan mengandung banyak omega 3 yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak, sehingga membuat anak tumbuh cerdas dan mudah fokus saat dia belajar. Bahkan, jika ibu hamil mengonsumsi minyak ikan, maka minyak ikan ini akan membantu pembentukan otak anak selama masih di dalam kandungan. Minyak ikan juga meningkatkan kemampuan berpikir anak. Selain itu, minyak ikan juga menjaga kesehatan jantungnya hingga dia dewasa.

Sebenarnya ibu tidak perlu memberikan suplemen minyak ikan jika anak sudah tercukupi nutrisi omega 3-nya. Omega 3 ini banyak terdapat pada ikan laut, minyak zaitun, telur, dan susu, namun biasanya jumlahnya sedikit. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, anak membutuhkan suplemen minyak ikan. Perlu diketahui, suplemen hanya sebagai pelengkap nutrisi, jadi sebisa mungkin cukupi kebutuhan nutrisinya melalui makanan padat yang kamu berikan setiap hari.

Minyak ikan merupakan salah satu sumber omega-3 yang penting untuk nutrisi anak, khususnya anak-anak yang tidak suka mengonsumsi ikan. Omega-3 dinyatakan sebagai asam amino yang penting karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.Secara garis besar, terdapat tiga macam omega-3, yaitu ALA, EPA, dan DHA. Omega-3 EPA dan DHA umum terkandung dalam minyak ikan.Faktanya, manfaat minyak ikan untuk anak bukanlah mitos belaka karena suplemen minyak ikan memang memiliki khasiat untuk anak. Lantas, apa sajakah manfaat minyak ikan untuk bayi anak?

1. Meningkatkan kesehatan otak

Meningkatkan kesehatan otak merupakan salah satu manfaat minyak ini untuk anak yang paling dikenal. Omega-3 dalam minyak ikan memang bisa meningkatkan suasana hati serta fungsi otak anak, khususnya perkembangan otak, memori, dan pembelajaran.Bahkan, minyak ikan bisa meningkatkan kemampuan pembelajaran verbal, kontrol impuls, kemampuan untuk membuat perencanaan, dan atensi pada anak.

2. Membuat tidur lebih baik

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami kesulitan untuk tidur. Omega-3 dalam minyak ikan mampu mengurangi risiko bayi mengalami gangguan tidur dan terbangun saat sedang tertidur.

3. Mengatasi gejala ADHD

ADHD merupakan kondisi yang ditandai dengan anak yang kesulitan untuk fokus, impulsif, dan hiperaktif. Kandungan dalam fish oil dapat mengurangi gejala ADHD pada anak.Pemberian fish oil  untuk anak dapat mengurangi gejala dari ADHD dengan meningkatkan memori, atensi, dan pembelajaran, serta mengurangi impulsivitas dan hiperaktivitas pada anak.

4. Mengurangi asma

Selain gangguan tidur, asma juga dapat dialami oleh anak-anak, konsumsi minyak ikan yang mengandung kombinasi DHA dan EPA mampu membantu mengurangi dampak dari asma, khususnya asma yang disebabkan oleh polusi udara di dalam ruangan.Bahkan, minyak ikan dipercaya mampu menurunkan risiko anak mengalami gangguan asma. Namun, riset lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengetahui manfaat minyak ikan untuk anak yang satu ini.

5. Menanggulangi gejala depresi

Minyak ikan mampu meningkatkan suasana hati, karenanya berpotensi untuk mengurangi gejala depresi pada anak. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian tambahan untuk menyokong keyakinan ini.

6. Mengurangi peluang terkena diabetes

Memberikan minyak ikan untuk anak mampu membantu menurunkan risiko anak mengalami diabetes tipe 2. Namun, serupa dengan manfaat minyak ikan dalam menanggulangi gejala depresi, hal ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

7. Menurunkan risiko antisosial dan perilaku agresif

Studi  menemukan bahwa omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan mampu mengurangi masalah perilaku agresif dan antisosial pada anak. Efek tersebut ditemukan dapat bertahan lama dan mempengaruhi perkembangan saraf.

Leave a Reply