Tips Memilih dengan harga AC yang Tepat Untuk Rumah Anda

By | June 10, 2021

Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis yang terletak di khatulistiwa sehingga suhu pada saat siang hari sekitar 27°C – 34°C. Oleh karena itu, kebutuhan akan  AC(air conditioner) sangat dibutuhkan untuk membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk.

Istilah AC (Air Conditioner) lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia daripada kata asli bahasa Indonesia untuk AC tersebut yaitu penyejuk udara atau pendingin ruangan. Berdasarkan wikipedia, pengertian AC yaitu sistem atau mesin yang khusus dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan pada suatu area seperti kamar, rumah, kantor, ruang pertemuan, dan lainnya.

AC merupakan produk elektronik yang cukup teknis, terlebih untuk mereka yang masih awam. Saat membeli  AC, banyak orang yang kurang mengerti cara membedakan AC yang bagus atau tidak? Padahal AC telah menjadi kebutuhan dan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Terkadang keinginan seringkali jauh dari kenyataan, seperti halnya ketika ingin memilih AC sesuai daya listrik di rumah. Kebanyakan orang memilih sesuai dengan budget atau keuangan yang mereka miliki.

Padahal belum tentu Air Conditioner (AC) yang Anda beli bisa aman menyala di rumah Anda. Namun beruntung saat ini teknologi AC sudah sampai ke tingkatan Inverter.

Teknologi AC Inteverter memungkinkan Anda untuk lebih berhemat dengan listrik dan juga keuangan Anda. Terlebih, di tengah cuaca panas Jakarta yang semakin ektream dengan curah hujan yang minim.

Namun, Anda tetap perlu memikirkan aspek lain seperti berapa kemampuan dari daya listrik di KWH meter Anda. Tak hanya itu, Anda juga perlu tau berapa banyak beban tanggungan listrik di rumah Anda dengan banyaknya perlengkapan elektronik yang ada.

Rumah merupakan salah satu area yang penting untuk menggunakan AC agar nyaman ditinggali oleh seluruh keluarga. Air conditioner memiliki berbagai macam jenis dan tipe sesuai dengan peruntukannya. Oleh karena itu, pilihlah AC yang tepat dengan keadaan rumah Anda. Lalu, bagaimana cara memilih ac yang tepat? Simak tips memilih ac dibawah ini.

Tips Memilih AC yang Tepat

Penyejuk udara / pendingin ruangan / AC memiliki berbagai macam tipe yang disesuaikan dengan fungsinya. Inilah beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda sehingga nyaman ditinggali dan pengeluaran listrik tidak terlalu boros.

  • Tentukan luas ruangan
    Ukur luas ruangan yang akan dipasangi AC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa ukuran pk AC yang cocok untuk ruangan tersebut. Jika luas ruangan 10 meter = 0,63 pk, 14 meter = 0,88 pk, 18 meter = 1,13 pk, 24 meter = 1,50 pk, 36 meter= 2,25 pk dan 48 meter =3 pk.
  • Tentukan pk AC yang akan digunakan
    Setelah mengetahui luas ruangan tersebut, maka pilihlah AC yang memiliki pk yang tepat untuk ruangan tersebut. Secara umum, AC yang dijual di pasaran memiliki ukuran pk yaitu ½, 1, 1 ½, 2, 2 ½, 3.
  • Tentukan tipe AC
    Selain pk, AC juga memiliki tipe dan spesifikasi lainnya yaitu tipe standar, low watt, inverter, anti virus dan bakteri, dan lainnya. Pilihlah yang tepat sesuaikan dengan kebijakan Anda apakah ingin yang menghemat listrik atau yang ingin cepat mendinginkan ruangan ataupun untuk kesehatan.
  • Tentukan Brand
    Setiap brand / merek AC memilliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebijakan Anda. Jangan lupa cek garansi dari tiap brand tersebut, apakah menawarkan garansi yang lebih menguntungkan Anda.
  • Tentukan toko AC yang terpercaya
    Membeli di toko AC yang terpercaya akan memberikan Anda keuntungan karena produk yang dijual sudah pasti terjamin keaslian dan kualitasnya dengan budget kantong anda yang sesuai dengan harga AC?

Itulah beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda sehingga rumah tersebut akan lebih nyaman ditinggali karena memiliki udara yang sejuk. Tips diatas semoga menjadi referensi Anda ketika akan membeli AC di toko AC yang terpercaya.

Leave a Reply