Tips Dalam Memilih Batik yang Tepat dan Berkualitas

By | June 17, 2021

Batik merupakan salah satu jenis dari sekian banyak kain tradisional khas nusantara yang digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis pakaian atau busana yang siap untuk dipakai.

Dalam pembuatannya, kain batik biasanya mengacu pada 2 hal, yang pertama yakni corak dan design dari batik danar hadi yang mengandung unsur budaya yang sangat kental dari masing-masing tempat pembuatan dan juga teknik dalam pewarnaan batik yang menggunakan malam kemudian dilukis pada kain ini secara manual. Di zaman seperti sekarang ini, batik sudah banyak dikenal di seluruh dunia, bahkan juga sudah diakui oleh UNESCO.

Memilih batik tidak melulu soal corak atau motif. Meski batik sendiri memiliki berbagai corak yang umumnya menandakan strata sosial di masyarakat pada zamannya, tetapi hal itu tak lagi relevan di masa kini.

Corak batik di masa kini pun tidak lagi terpaku pada pakem pola klasik, tetapi lebih beragam karena saat ini batik banyak mengalami modifikasi. Batik bisa saja hadir dalam bentuk motif binatang, floral, garis, hingga hanya sekadar kombinasi warna.

Apapun yang Anda pilih, memakai batik pastinya akan membuat Anda akan terlihat keren dan gagah. Jadi, pastikan pertimbangkan 3 hal berikut saat memilih kemeja batik untuk berbagai acara formal dan semiformal Anda.

Sebagai warga negara Indonesia kita wajib untuk memiliki pakaian batik karena kita juga harus menjaga warisan budaya ini. Namun dengan kesibukan kita saat ini seringkali tidak punya kesempatan bagi kita untuk hunting kain batik di produsennya atau pasar konvensional. Tak perlu pusing, Anda tetap bisa membeli baju batik di toko online terpercaya yang menyediakan berbagai jenis kain dan juga dengan motif yang sangat beragam. Batik juga bisa digunakan sebagai pakaian kerja, tapi ada beberapa hal harus Anda perhatikan dalam memilih batik untuk seragam kerja ini, yaitu:

  1. Kenyamanan bahan yang digunakan
    Kenyamanan Anda sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan kain batik yang digunakan. Bahan dari serat alami seperti katun dan sutra, tentu lebih nyaman dipakai. Katun terkenal adem dan mampu menyerap keringat dengan baik. Harganya juga lebih terjangkau, sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk mengoleksinya dalam berbagai motif dan warna untuk dipakai ke kantor atau acara-acara semiformal.
    Batik sutra, selain nyaman dan ringan, juga memberi kesan mewah berkat permukaannya yang licin dan mengkilap. Soal harga, tentu jauh di atas katun. Tapi, kemeja batik sutra ini layak dimiliki untuk dikenakan di acara-acara formal dan resmi.
    Sebaiknya hindari memilih kemeja batik yang terbuat dari kain serat sintetis atau paduan antara bahan alami dan sintetis. Kemeja batik jenis ini cenderung panas jika dipakai.
  2. Sesuaikan motif dengan bentuk tubuh
    Motif kemeja batik sebaiknya tidak terlalu ramai. Tapi, hindari pula memilih kemeja batik yang minim motif, karena malah akan menimbulkan kesan ‘bukan batik’. Idealnya, motif batik yang Anda pilih disesuaikan dengan bantuk tubuh Anda.
    Jika Anda memiliki tubuh kecil, maka motif batik yang besar layak dipilih karena dapat membantu memberi kesan tubuh Anda terlihat berisi. Sebaliknya, jika tubuh Anda besar dan berisi, pilihlah motif batik yang sedang atau kecil, untuk ‘meredam’ kesan besar pada tubuh Anda.
  3. Perhatikan kualitas jahitan
    Kualitas potongan kemeja batik dan jahitannya juga penting untuk diperhatikan. Kemeja batik dengan potongan bagus umumnya tampak simetris antara bagian kiri dan bagian kanan. Kalau pun bahannya tidak berupa motif batik penuh, Anda tetap akan melihat kesinambungan yang elegan antara sisi kanan dan sisi kiri kemeja batik.

Sedangkan untuk kualitas jahitan, pastikan sambungan kemeja batik yang Anda pilih terlihat kuat, rapi, dan tidak membuat kain mengerut.

Leave a Reply