Tips Memilih Sabun Tubuh dan Wajah Yang Bagus Dan Aman Bagi Kulit

By | May 10, 2021

Ketika memilih sabun mandi haruslah sesuai dengan jenis kulit anda seperti Kedas beauty. Hal ini sangat penting dilakukan agar kulit kita tetap terjaga kebersihan serta kesehatannya. Tidak cuma itu, pemilihan sabun mandi yang tepat juga dapat mencegah munculnya masalah kulit, seperti kulit kering dan iritasi.

Sabun mandi merupakan produk salah satu perawatan kulit yang paling umum digunakan untuk membersihkan kotoran dan juga kuman yang menempel pada kulit anda. Meskipun demikian, memilih sabun mandi sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Tips Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Pemilihan sabun mandi untuk tubuh sering kali dilakukan hanya berdasarkan kata-kata promosi yang terkesan menarik atau pengaruh iklan. Padahal, setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda, sehingga perawatannya pun akan berbeda.

Berikut ini adalah cara untuk memilih tipe dan kandungan sabun berdasarkan jenis kulit:

  1. Untuk kulit kering
    Bagi Watsons Friends yang memiliki kulit kering, masalah utama yang biasanya dihadapi adalah sulitnya mengembalikan kelembapan kulit. Kamu yang berkulit kering akan sering merasakan kulitmu tertarik dan terlihat pecah-pecah. Hal ini dikarenakan kulitmu kekurangan lipid (minyak) dan/atau air.
    Sabun wajah yang cocok untuk jenis kulit ini adalah sabun yang dapat mengunci kandungan minyak alami pada wajah. Pilihlah sabun wajah dengan berbahan dasar minyak. Kamu juga bisa menggunakan jenis pembersih wajah lain seperti krim atau susu pembersih. Jangan sekali-kali menggunakan sabun wajah jenis foam karena dapat menghilangkan minyak alami wajahmu.
  2. Untuk kulit berminyak
    Kulit yang berminyak akan menghasilkan sebum (minyak) yang berlebih sehingga kamu dapat mempertahankan kelembapan alami dengan baik. Namun, karena produksi minyak yang berlimpah juga membuat jenis kulit ini akan cenderung mudah berjerawat. Watsons Friends dapat memilih sabun wajah bertipe foam. Sabun wajah jenis ini akan menghasilkan busa-busa lembut yang berguna untuk mengangkut minyak berlebih pada wajahmu.
    Sedikit tips buat Watsons Friends yang memiliki kulit berminyak. Pilihlah sabun wajah yang memiliki kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua kandungan ini dapat mencegah kulitmu mengalami breakout.
  3. Kulit kombinasi
    Jika kulit Anda terasa kering dan mudah mengalami iritasi di bagian tertentu tetapi terasa berminyak di area lain, berarti Anda memiliki tipe kulit kombinasi. Karena memiliki bagian kulit yang kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus menggunakan produk yang berbeda-beda.
    Pada area kering, Anda disarankan untuk menggunakan sabun dengan kandungan pelembap. Sementara pada area yang berminyak, Anda memerlukan sabun yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah peradangan atau munculnya jerawat. Pastikan juga sabun yang Anda gunakan berbahan lembut dan mengandung sedikit bahan kimia.
  4. Untuk kulit sensitif
    Saat kulit wajahmu bereaksi terhadap beberapa jenis make up dan skincare tertentu, maka kamu memiliki jenis kulit sensitif . Tipe kulit yang satu ini akan cenderung mudah mengalami iritasi saat menggunakan produk yang salah. Untuk mengetahui pasti apa yang dapat memicu iritasi pada wajahmu, berkonsultasilah dengan dokter kulit atau dermatologis.
    Orang-orang yang berjenis kulit sensitif akan cenderung memiliki lapisan kulit luar yang tipis. Oleh karena itu, jika kulitmu sensitif, kamu akan lebih mudah mengalami iritasi. Sabun wajah yang tepat untuk Wastons Friends dengan jenis kulit ini adalah yang memiliki kandungan untuk menenangkan kulit. Pilihlah sabun wajah dengan bahan aloe vera, polifenol (dapat ditemukan pada teh hijau), atau chamomile. Kamu yang berkulit sensitif juga harus menghindari sabun wajah yang memiliki wewangian dan alkohol.

Leave a Reply