Kapan Butuh Melakukan Konsultasi Psikologi Online? Berikut Ulasannya!

By | April 2, 2021

Kapan Butuh Melakukan Konsultasi Psikologi Online? Berikut Ulasannya!

 

Di Indonesia masih banyak masyarakat yang menyepelekan kesehatan mental, padahal hal ini tak kalah penting dibandingkan dengan kesehatan fisik. Bahkan banyak kasus seperti bunuh diri yang sebenarnya bisa dipicu karena kondisi mental yang tidak sehat. Hanya saja memang kebanyakan diantaranya menganggap orang yang berkonsultasi dengan psikiater maupun psikolog selalu dianggap ‘gila’ padahal sebenarnya tidak. Mereka hanya berusaha untuk mencari alternatif atau jalan keluar atas gangguan mental yang dialami. Sehingga kemudian tak jarang yang enggan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. 

Namun tidak perlu khawatir karena sekarang ini Anda bisa berkonsultasi dengan ahli psikologi secara lebih mudah online. Konsultasi psikologi online ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan terhadap masalah psikologis yang dialami, namun enggan untuk datang secara langsung ke rumah sakit. Pada dasarnya sesi konsultasi ini sendiri nantinya akan memberikan begitu banyak manfaat kepada Anda, diantaranya adalah:

 Membantu untuk memahami dan juga mengubah sudut pandang, mengenai masalah yang dialami oleh pasien.

  1. Memberikan saran terbaik untuk permasalahan yang tengah dihadapi tersebut, apalagi ketika tengah dihadapkan pada pilihan hidup yang terasa sulit.
  2. Dapat membantu Anda dalam mengatasi kesedihan, rasa cemas sampai dengan rasa takut yang berlebihan. Hingga kebiasaan-kebiasaan buruk yang sangat mengganggu dalam keseharian Anda.
  3. Dapat membantu dalam meluruskan permasalahan di dalam hubungan dengan orang lain, baik itu pasangan, teman maupun keluarga.
  4. Dapat mendiagnosis dan juga mengatasi gangguan mental yang dialami layaknya kecemasan, depresi sampai dengan bipolar hingga schizophrenia.

 Banyak juga diantara masyarakat yang mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sangat membutuhkan untuk melakukan konsultasi dengan seorang psikolog atau psikiater ini. untuk itu maka wajib diketahui sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi tersebut. Berikut ini diantaranya, yaitu: 

  1. Memiliki masalah yang sangat mengganggu, pada dasarnya di dalam kehidupan kita memang tidak akan terlepas dari yang namanya masalah. Namun kerab kali masalah bisa diselesaikan atau diatasi dengan baik. Namun tak jarang pula yang tidak kunjung selesai sehingga sangat mengganggu kehidupan, membuat Anda merasa putus asa, kecemasan yang berlebih dan sejenisnya. jika sudah semacam ini maka tidak dapat ditangani sendiri, melainkan Anda butuh jasa seorang psikolog.
  2. Gagal untuk menyelesaikan masalah sendiri, sudah berkali-kali mencoba menghadapi masalah yang dialami tersebut, namun ternyata gagal di dalam penyelesaiannya. Ini adalah waktu yang tepat untuk berkonsultasi secara psikologi. Karena sebisa mungkin mereka akan mencoba menemukan jalan keluar terhadap masalah yang dialami tersebut.
  3. Melampiaskan masalah ke hal-hal yang sifatnya negatif, hal semacam ini mungkin juga sering kali terjadi. Anda melarikan diri dari masalah ada hal-hal yang negatif layaknya drugs, merokok dan sejenisnya.
  4. Baru mengalami kejadian yang bersifat traumatis, sebut saja diantaranya adalah kehilangan sosok tercinta, perceraian dalam keluarga dan sejenisnya. Sehingga menyebabkan rasa sedih yang berlebihan. Sebaiknya Anda menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang benar, konsultasikan dengan psikolog.

Ingat bahwa pada dasarnya tidak semua masalah dapat dihadapi sendiri, sehingga penting sekali mengandalkan jasa untuk konsultasi. Konsultasi psikologi online kini semakin mudah dilakukan, karena Anda cukup mengandalkan aplikasi dari Aido, banyak sekali layanan yang berhubungan dengan kesehatan yang mereka miliki. Sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply