Pentingnya Listrik Bagi Kehidupan

 0
Pentingnya Listrik Bagi Kehidupanby Aini Sastraon.Pentingnya Listrik Bagi KehidupanPentingnya Listrik Bagi Kehidupan  Apakah sobat sering menyalakan lampu, menonton acara-acara di telivisi, menyalakan kipas angin untuk mendinginkan tubuh, menyetel radio, atau memasak dengan rice cooker? Sobat tahu tidak, benda-benda yang ada di sekitar kita banyak sekali bekerja dengan menggunakan listrik, coba deh sobat bayangkan bagaimana jadinya kehidupan tanpa adanya listrik? Wah, pasti mengerikan sekali […]
Pentingnya Listrik Bagi Kehidupan {focus_keyword} Pentingnya Listrik Bagi Kehidupan listrik
Pentingnya Listrik Bagi Kehidupan

 Apakah sobat sering menyalakan lampu, menonton acara-acara di telivisi, menyalakan kipas angin untuk mendinginkan tubuh, menyetel radio, atau memasak dengan rice cooker?


Sobat tahu tidak, benda-benda yang ada di sekitar kita banyak sekali bekerja dengan menggunakan listrik, coba deh sobat bayangkan bagaimana jadinya kehidupan tanpa adanya listrik? Wah, pasti mengerikan sekali kan, dunia akan sepi dan gelap dari pada sebelumnya.
Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan usaha, baik di rumah, kantor, maupun tempat lainnya. Dalam waktu yang akan datang kebutuhan listrik akan meningkat seiring dengan adanya peningkatan dan perkembangan baik dari jumlah penduduk, jumlah investasi yang semakin meningkat akan memunculkan berbagai industri-industri baru seperti. Penggunaan listrik merupakan factor yang penting dalam kehidupan masyarakat, baik pada sektor rumah tangga, penerangan,  komunikasi, industri dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, pembangunan teknologi industri sangar berkaitan erat dengan tenaga listrik yang merupakan salah satu faktor yang penting yang sangat mendukung perkembangan pembangunan khususnya di sektor industri, dalam kehidupan modern tenaga listrik  merupakan unsur mutlak yang harus dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh karena itu energi listrik merupakan tolak ukur kemajuan masyarakat. Kapasitas pembangkit tenaga listrik sangat dipengaruhi oleh lajunya sektor ekonomi, sedangkan sektor industri merupakan sektor yang mempunyai andil yang sangat besar dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Apabila industri berkembang dengan pesat akan berakibat kepada meningkatnya lajunya pertumbuhan ekonomi 

Untuk masyarakat yang sering menggunakan listrik untuk produksi dan juga konsumsi baik itu penggunaan listrik untuk menjalankan mesin produksi dan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa disadari telah terjadi pemborosan listrik yang seharusnya dapat dicegah atau dihemat mengingat perekonomian yang tidak stabil, maka dapat dimulai suatu penghematan atau penggunaan alternatif lain yang lebih efisien dengan suatu tindakan konservasi bagi sumber daya alam bersifat dapat pulin (renewable resource) dapat dilakukan dengan hati-hati, misalkan konservasi hutan dapat dilakukan dengan beberapa pilihan antara lain reboisasi dan penghijauan yang juga tentunya akan sangat membantu akan kelangsungan hidup di alam serta menjaga keseimbangan alam.


UU No 20 tahun 2002 tentang ketenagalistrikan menyatakan bahwa pelaku usaha penyediaan tenaga listrik di Indonesia terdiri dari Badan Usaha Milik Negara, swasta, koperasi dan Badan Usaha Milik Daerah. Dengan diberlakukannya Undang Undang Ketenagalistrikan tersebut, industri listrik nantinya akan membuka peluang bisnis alat listrik bagi pihak swasta ikut bagian dalam penyediaan layanan.(dikutip dalam  jurnal“Analisis Peran Subsidi Bagi Industri dan Masyarakat Pengguna Listrik” olehPurwoko, 2003:5). Dan dalam hal ini juga aja akan membuka peluang bagi para distributor alat listrik yang juga mengikuti perkembangan tenaga listrik ini.

Author: 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply