Contoh Proposal Riset yang Benar

Untuk menghasilkan laporan hasil riset yang benar dan sesuai dengan  berikut adalah syarat  atruran yang berlaku dalam Bab I apa saja format serta Judul format yang harus ada dalam pembuatan Proposal Riset

Bab I
1.1 Latar Belakang

  • Pengantar tentang pentingnya tema yang diangkat
  • Kondisi/mekanisme saat ini + dampak/masalah yang muncul (Fakta/Hasil questro/hasil riset orang)
  • Rencana solusi + riset-riset yang mendukung
  • Apa yang akan dikerjakan

1.2 Identifikasi Masalah : inti masalah yang ada di latar belakang
1.3 Rumusan Masalah : Pertanyaan mengenai rencana solusi
1.4 Tujuan Penelitian : apa yang akan dikerjakan terkait dengan masalah yang terindetifikasi?
1.5 Manfaat : bagaimana kondisinya setelah tujuan tercapai (bertolak belakang dengan masalah)
1.6 Ruang lingkup / Batasan : apa yang akan dibahas dan apa yang tidak terkait dengan tema karena keterbatasan waktu/dana/kemampuan peneliti

Dan dari sekian blog yang saya telusuri ada salah satu blog yang menurut saya memenuhi aturan proposal riset diatas, yang lai  masih belum sesuai dan banyak blog auto generate content, karena memang sedikit yang tahu tentang aturan dalam pembuatan proposal riset ini, salah satu blog itu adalah tentang kesehatan berjudulHUBUNGAN FAKTOR OBESITAS DAN USIA LANSIA YANG MENYEBABKAN  TERJADINYA DIABETES MELLITUS”.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Tujuan pembangunan kesehatan menuju Indonesia sehat 2010 adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal di seluruh wilayah republika Indonesia (Depkes RI 1999)

Di zaman modernisasi seperti komunikasi industri dan lingkungan telah menimbulkan berbagai perubahan dalam pola hidup manusia yang berdampak pada tingkat kesehatan seseorang baik secara positif maupun negatif, dampak negatif terhadap masalah kesehatan yang di akibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat diantaranya adalah penyakit diabetes mellitus (DM).

Diabetes mellitus merupakan penyakit akibat gangguan system endokrin yang paling banyak jumlah nya dan selalu meningkat dari tahun ketahun serta dapat menyerang semua orang dengan tidak memandang  jenis kelamin. Diabetus militus dibagi menjadi beberapa tipe yaitu tipe IDDM dan NIDDM
Di Indonesia, penderita diabetes mellitus tipe 2 ini yang paling banyak, konon mencapai lebih dari 90 % dan umumnya disertai kegemukan dan pada umumnya diabetes mellitus tipe ini terjadi pada penderita diabetes diastas usia 40 tahun.
 
Di negara lain seperti di amerika serikat diabetes mellitus merupakan penyebab utama amputasi di luar trauma kecelakaan 30% pasien yang mulai mendapatkan terapi dialysis setiap tahun menderita diabetes mellitus. Diabetes juga berada pada urutan ke tiga sebagai penyebab utama kematian akibat penyakit dan hal ini sebagian besar di sebabkan oleh angka penyakit arteri koroner yang tinggi pada penderita diabetes mellitus. Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih dua belas juta orang dari tujuh juta dari dua belas penderita Diabetes Mellitus tesebut sudah terdiagnosis di Amerika Serikat kurang lebih enam ratus lima puluh ribu kasus Diabetes baru diagnosis setiap tahunnya (Healthy people, 2000-1990).

Berdasarkan data Medical Record Rumah Sakit Umum Daerah karawang mulai Januari sampai Desember 2009, “Hubungan Factor Obesitas dan Usia Lanjut Yang Menyebabkan Terjadinya Diabetes Mellitus”. Fakor-faktor yang mempengaruhi terjadinya DM adalah faktor usia, pendidikan, obesitas dengan faktor genetik diperkirakan memegang peranan dalam proses terjadinya resistensi insulin. Selain itu ada pula faktor-faktor yang berhubungan dengan proses terjadinya DM faktor-faktor itu antara lain obesitas, riwayat keluarga dan kelompok etnik.penderita yang dirawat dengan penyakit Diabetes Militus berjumlah 344 orang atau sekitar 73,98% dari seluruh jumlah penyakit DM, Dari data yang didapat penderita Diabetes Militus terbanyak di rawat di ruang rengasdengklok yaitu berjumlah 154 orang atau sekitar 44,76% dari seluruh pasien Diabetes Militus yang dirawat di seluruh ruangan RSUD Karawang.
B. Identifikasi Masalah
Dari uraian diatas masalah yang akan ditelti adalah tentang Faktor – Faktor yang menyebabkan terjadinya diabetes mellitus
C. Pembatasan Masalah
Dalam Penelitian membahas tentang Faktor – Faktor yang menyebabkan terjadinya diabetes mellitus
D. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas didapat perumusan masalah sebagai berikut : apa saja factor yang menyebabkan terjadinya diabetes mellitus.

E. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat menyebabkan Terjadinya diabetes mellitus.
2. Untuk mendapatkan jumlah penderita  diabetes mellitus dengan berbaggai factor  penyebab.
F. Manfaat Penelitian
    1.  Bagi mahasiswa

  a. Hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuankhususnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Diabetes Mellitus dan menerapkannya ilmu yang diperoleh dalam penelitian. 

   2. Bagi subjek

Memotifasi untuk menjalankan pola hidup sehat
Mengetahui berbagai  factor penyebab terjadinya diabetes mellitus , sehingga bisa melakukan pencegahan penyakit DM secara maksimal.

   3). Bagi lembaga pendidikan

Memberikan informasi yang penting bagi institusi pendidikan kesehatan,sehingga mengambil langkah-langkah penting antisipasi bahaya penyakit diabetes mellitus.
Sebagai suatu referensi untuk bahan penelitian
Sebagai langkah awal untuk penelitian selanjutnya
 
Untuk Batasan masalah hanya ada perbedaan tata letak, tapi format ini tidak jadi masalah yang terpenting adalah  judul batasan masalah itu tetap terdapat dalam Bab I, tapi alangkah lebih baik mengikuti format yang telah saya susun diatas, karena format diatas berdasarnya pelajaran pada mata kuliah Riset Teknologi Informasi/
 
Dan untuk Bab II hingga akhir silahkan lansgung menuju TKP : 
http://yuudi.blogspot.com/2012/10/contoh-proposal-riset-dm.html 

Semoga artikel diatas bisa membantu agan-agan yang sedang mencari Contoh Proposal Riset yang Benar.

 

Advertisement

Galery Muslim

One Response to “Contoh Proposal Riset yang Benar”

  1. January 8, 2013 at 12:25 pm #

    mantap .. .. .

Leave a Comment


eight − = 6

%d bloggers like this: