VIDEO: Astronot Pertama AS di Ruang Angkasa

 6
VIDEO: Astronot Pertama AS di Ruang Angkasaby Aini Sastraon.VIDEO: Astronot Pertama AS di Ruang AngkasaPada 3 Juni 1965, Edward White menjadi astronot pertama yang berjalan di luar angkasa lewat misi Gemini 4. Selain astronot NASA, ia merupakan insinyur sekaligus serdadu Angkatan Udara AS.  Gemini 4 merupakan misi luar angkasa pertama Amerika Serikat yang didesain untuk membawa manusia tetap berada di orbit planet Bumi selama berhari-hari. Tujuannya adalah untuk membuktikan […]

{focus_keyword} VIDEO: Astronot Pertama AS di Ruang Angkasa 103062 astronot di luar angkasa 300 225


Pada 3 Juni 1965, Edward White menjadi astronot pertama yang berjalan di luar angkasa lewat misi Gemini 4. Selain astronot NASA, ia merupakan insinyur sekaligus serdadu Angkatan Udara AS. 
Gemini 4 merupakan misi luar angkasa pertama Amerika Serikat yang didesain untuk membawa manusia tetap berada di orbit planet Bumi selama berhari-hari. Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa manusia bisa bertahan berada di luar angkasa untuk jangka waktu lama. 
Meski Gemini 4 berada di orbit selama empat hari dan telah mengelilingi Bumi selama 66 kali, catatan itu belum berhasil memecahkan prestasi sebelumnya yang dibukukan oleh satelit Uni Soviet, yakni Vostok 5, pada tahun 1963 yang berada di orbit selama lima hari. 

Selain mengorbit berhari-hari, target kedua Gemini 4 adalah agar astronot dapat melakukan‘space walk’. Hingga 11 hari sebelum keberangkatan, NASA belum menentukan apakah White akan dapat mencapai target kedua di misi tersebut. Keputusan aman baru diberikan dua hari sebelum keberangkatan. 

Meski berhasil melakukan “perjalanan” di ruang hampa udara, White tewas bersama dengan Gus Grissom dan Roger Chaffee, astronot lain, saat uji coba pra peluncuran misi Apollo pertama ke Bulan. 

Perjalanan ruang angkasa White yang fenomenal itu sendiri diabadikan di miniseri “From the Earth to the Moon” pada episode “Can We Do This” yang ditayangkan di jaringan televisi HBO. 
Tonton video perjalanan pertama di ruang angkasa. (sumber: Youtube)
• VIVAnews

Leave a Reply

Author: 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

6 Responses